Ini Amalan yang Dianjurkan saat Bulan Dzulhijjah dan Dalilnya

Minggu 09-06-2024,16:11 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

10. Larangan Memotong Rambut dan Kuku

Seseorang yang hendak berkurban dilarang untuk mencabut atau memotong kuku dan rambutnya. Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:Tabel Angsuran Pinjaman KUR BRI 2024 Rp 25 -100 Juta, Ini Cara Menghitung serta Tips agar Pinjaman Cepat Cair

"Jika kamu melihat hilal bulan Dzulhijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya." (HR. Muslim)

Larangan ini bertujuan untuk menanamkan rasa khusyuk dan pengabdian kepada Allah SWT. Dengan menahan diri dari memotong rambut dan kuku, seseorang menunjukkan niat tulusnya untuk berkurban demi mendapatkan ridha Allah.

Keutamaan 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Amal saleh yang dikerjakan pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah lebih dicintai oleh Allah SWT dibandingkan hari lainnya. Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah." (HR. Bukhari)

Keutamaan sepuluh hari pertama Dzulhijjah sangat besar. Dalam hadis lain, Rasulullah SAW juga menyebutkan bahwa sepuluh hari ini adalah yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan. 

BACA JUGA:Canggih! Pakai AI, BRI Kenalkan Conversational Banking hingga Robot Cash Management

Oleh karena itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada hari-hari tersebut.

Dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut, umat muslim diharapkan dapat meraih keutamaan dan rahmat dari Allah SWT pada bulan yang mulia ini. 

Bulan Dzulhijjah memberikan kesempatan emas bagi umat muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan mereka melalui berbagai amalan yang dianjurkan. 

Dengan menjalankan amalan-amalan ini, diharapkan dapat memperkuat hubungan spiritual dengan Allah dan meraih keberkahan serta pahala yang melimpah. Semoga artikel ini  bermanfaat!

 

Sheila Silvina

Kategori :