Ini 12 Contoh Pertanyaan Wawancara Program PPG 2024 Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Senin 24-06-2024,22:15 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Jawaban: 

Sangat diperlukan strategi untuk selalu menumbuhkembangkan semangat belajar peserta didik. Adapun upaya untuk menumbuhkembangkan semangat mereka dilakukan dengan mengingatkan peserta didik akan masa depan dan keadaan orang tua di rumah mereka.

Melalui refleksi psikologis tersebut, siswa akan mampu mengisi ulang semangat mereka untuk belajar lebih giat lagi.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Lulusan PPG Prajabatan Pasti Direkrut, Jadi Pengajar Tetap di Sekolah Negeri dan Swasta

9. Apa cara guru dalam memperbaiki perilaku negatif yang terdapat pada siswa?

Jawaban: 

Memberikan hukuman dengan menekan nasihat-nasihat ketika dihukum. Penyadaran kepada siswa yang masih suka bersikap tidak baik tidak bisa hanya dengan memberikan hukuman yang bersifat fisik semata, tetapi diperlukan juga penekanan-penekanan psikologis melalui nasihat yang sifatnya personal.

BACA JUGA:Dibuka Pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 2, Berakhir 9 September dan Lengkapi 10 Syarat Ini

10. Bagaimana cara membentuk siswa agar mencerminkan sikap orang bertanggung jawab?

Jawaban: 

Sekolah memiliki aturan tata tertib yang bertujuan membentuk rasa tanggung jawab terhadap siswa di sekolah ini. Misalnya, dalam tata tertib sekolah itu tercantum yaitu membuang sampah pada tempatnya. Ketika melihat sampah berserakan di dalam kelas atau di luar kelas, diharapkan untuk memungutnya dan menempatkan di tempat sampah.

BACA JUGA:Kemenag Umumkan Calon Peserta PPG se-Indonesia, Cek Nama Anda di Sini (Bag. 1)

11. Bagaimana cara membentuk siswa agar memiliki pengetahuan teknologi?

Jawaban: 

Teknologi memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar mengajar. Kemajuan teknologi masa sekarang ini sangat cepat sekali. Bahkan sekarang kita belum benar-benar mampu menguasai salah satu teknologi yang satu sudah ada teknologi yang diciptakan untuk yang lebih baru. 

Jadi untuk membentuk siswa agar memiliki pengetahuan teknologi, kami memperkenalkan kepada mereka teknologi-teknologi terbaru melalui media belajar. Selain itu, saya juga akan memastikan bahwa teknologi dapat digunakan siswa secara bijaksana.

Kategori :