Firli: OTT Pertama KPK Tahun 2023, Puluhan Pejabat Ikut Diangkut

Jumat 07-04-2023,10:40 WIB
Reporter : Tim Liputan

JAKARTA, RBTVCAMKOHA.COM – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Meranti menjadi OTT pertama KPK di tahun 2023.

BACA JUGA:Bupati Terjaring OTT KPK Punya Ratusan Hektare Tanah, Berikut Profil dan Asetnya

“Hari ini kita berhasil tangkap tangan Bupati Meranti. Selama tiga bulan sejak Januari sampai dengan 31 Maret 2023, tidak ada tangkap tangan,” kata Firli Bahuri kepada wartawan, Jumat (7/4).

Sementara itu, selain Bupati Adil, puluhan pejabat di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti turut diamankan KPK saat OTT Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil.

BACA JUGA:Ustad Zacky Mirza Isi Tausyiah Nuzulul Quran di Bengkulu

“Sejauh ini puluhan orang pejabat strategis di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti yang ditangkap KPK dan juga ada pihak swasta,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Jumat (7/4).

Menurut Ali, saat ini seluruh pihak yang terjaring OTT dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA:Punya Uang Kuno Rp 100 Gambar Kapal Pinisi Dijual Dapat 10 Motor, Benarkah? Ayo Cek di Sini

Ketua KPK, Firli Bahuri masih irit bicara soal perkara korupsi apa yang membuat Bupati Meranti kena OTT KPK. Firli menegaskan OTT Bupati Meranti menjadi OTT pertama KPK pada 2023.

“Nanti ada penjelasan, ini penting karena baru pertama tangkap tangan karena sejak Januari sampai dengan 31 Maret 2023 tidak ada OTT,” ujarnya.

BACA JUGA:Mudik Via Tol Trans Sumatera, Jakarta-Medan Rp 567.000, Jakarta-Palembang Rp 400.500, Ini Rute dan Tarif Lengk

KPK sebelumnya melakukan OTT Bupati Meranti Muhammad Adil. KPK menangkap tangan Bupati Meranti bersama puluhan pejabat Pemkab Meranti.

"Sejauh ini puluhan orang pejabat strategis di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti yang ditangkap KPK," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada detikcom.

BACA JUGA:Geger Bule Hilang Kamera, Perangkat Desa di Kecamatan Ilir Talo Turun Tangan Ikut Mencari

"Dan juga ada pihak swasta," imbuhnya.

Kategori :