15 Contoh Soal Tes CPNS kejaksaan 2024, Ayo Pelajari dan Gapai Cita-citamu

Senin 01-07-2024,21:55 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

3. Pembinaan dan Pengawasan: Kejaksaan memiliki tugas untuk membina dan mengawasi penyidik dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan proses penyidikan berjalan secara profesional dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

BACA JUGA:Simak 4 Formasi CPNS 2024 di Kementerian PUPR yang Diperuntukkan Bagi Lulusan SMA/SMK

4. Pencegahan Kejahatan: Kejaksaan juga memiliki peran penting dalam pencegahan kejahatan. Hal ini dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti penyuluhan hukum, pembinaan masyarakat, dan koordinasi dengan instansi terkait lainnya.

BACA JUGA: Kejaksaan Agung RI Buka 11.030 Formasi untuk CPNS dan PPPK 2024 untuk Lulusan S1 dan SMA , Ini Persyaratannya

5. Penegakan Hak Asasi Manusia: Kejaksaan memiliki kewenangan untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap pelanggaran hak asasi manusia. Kejaksaan juga bertugas untuk melindungi hak asasi manusia dan memastikan setiap orang diperlakukan dengan adil dan bermartabat.

BACA JUGA:Ini Link Pendaftaran CPNS Kementerian PUPR 2024, Lengkap dengan Persyaratan dan Cara Daftarnya

6. Intelijen Kejaksaan: Kejaksaan memiliki bidang intelijen yang bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi terkait dengan tindak pidana. Informasi ini kemudian digunakan untuk mendukung tugas Kejaksaan dalam penuntutan, pelaksanaan putusan pengadilan, pembinaan dan pengawasan, pencegahan kejahatan, dan penegakan hak asasi manusia.

BACA JUGA:Apa Saja Jurusan S1 Teknik yang Paling Dicari di CPNS 2024? Catat, Ini 20 Daftarnya

7. Pertimbangan Hukum: Kejaksaan dapat memberikan pertimbangan hukum kepada instansi pemerintah lainnya terkait dengan penegakan hukum. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap tindakan instansi pemerintah sesuai dengan hukum yang berlaku.

BACA JUGA:Seleksi CPNS Kemenkumham 2024, Ini 8 Jurusan yang Paling Banyak Dicari dan Berpeluang Besar Lolos

8. Kerjasama Internasional: Kejaksaan dapat menjalin kerjasama dengan lembaga penegak hukum di negara lain dalam rangka memerangi kejahatan lintas negara. Hal ini termasuk pertukaran informasi, ekstradisi, dan bantuan hukum timbal balik.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Buka 26.319 Formasi CPNS 2024, Ini Dokumen Persyaratan

Demikianlah informasi tentang 15 contoh soal tes CPNS kejaksaan 2024, pelajari untuk gapai cita-citamu. Semoga bermanfaat.

(Tianzi Agustin)

Kategori :