Ini Deretan Kisah Inspiratif Anak Penghafal Al Quran, Bikin Berdecak Kagum

Kamis 04-07-2024,11:36 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Orang tua Fajar tidak menyerah dan memberi terapi dengan memperdengarkan murattal Al-Qur'an selama 24 jam setiap harinya.

Atas kuasa Tuhan, di usia 4,5 tahun, Fajar telah menghafal Al-Qur'an berkat murattal yang diperdengarkan setiap hari. Kini, Fajar yang sudah berusia 14 tahun sedang menghafal hadits dan juga bisa berbahasa Arab.

Kisah Fajar ditulis dalam buku yang berjudul 'Fajar Sang Hafizh, Anak Lumpuh Otak Hafal Al-Qur'an'.

BACA JUGA:5 Fakta Tol Lubuklinggau-Bengkulu, Tidak Perlu Khawatir Mabuk di Gunung, Perjalanan Lebih Cepat

Keutamaan Anak Penghafal Al-Qur'an

Mengapa orang tua sangat bangga jika anaknya menjadi hafiz Al-Qur'an? Berikut adalah beberapa keutamaan bagi penghafal Al-Qur'an yang disebut dalam hadis nabi:

1. Mendapat Mahkota dari Cahaya dan Pakaian Kebesaran Pada Hari Kiamat

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang menghafal Al-Qur'an dan mengamalkan isinya, maka akan dipakaikan kepada kedua orang tuanya mahkota pada Hari Kiamat.”

Mahkota tersebut terangnya seperti matahari, dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Ini adalah kehormatan besar yang Allah berikan kepada orang tua karena anaknya mengamalkan Al-Qur'an.

2. Menjadi Syafaat dan Penolong di Akhirat
Seorang penghafal Al-Qur'an akan memberi syafaat kepada sepuluh ahli keluarganya. Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah Al-Qur'an karena sebabnyalah seseorang akan mendapat syafaat bagi yang membacanya," (HR Muslim). Syafaat ini memberikan harapan besar kepada orang tua bahwa anak mereka bisa menjadi penolong di akhirat.

BACA JUGA:MasyaAllah! Ini Keistimewaan Bagi Orang Tua Jika Anak Hafal Al-Qur'an

3. Jadi Amal Jariyah

Setiap huruf yang diajarkan kepada anak, meski hanya berupa alif ba' ta', adalah bagian dari pahalanya. Rasulullah SAW bersabda:

"Apabila seorang anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat, Anak soleh yang mendoakannya," (HR Muslim).

Mengajarkan anak menghafal Al-Qur'an adalah salah satu bentuk amal jariyah yang pahalanya terus mengalir.

4. Mendapat Kedudukan yang Tinggi di Dunia dan Akhirat

Kategori :