Tol Bengkulu, Palembang dan Jambi akan Terapkan MLFF? Berikut Penjelasan Hutama Karya

Kamis 04-07-2024,12:01 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Multi Lane Free Flow (MLFF) merupakan sistem yang menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk memungkinkan perjalan penggunaan jalan tol agar dapat terdeteksi melalui GPS di ponsel pintar.

BACA JUGA:Doa untuk Kucing yang Meninggal, Simak Cara Menguburnya

Aplikasi yang digunakan dalam penerapan teknologi MLFF adalah 'Cantas' yang dapat diunduh di smartphone masing-masing. 

Kemudian pengendara melakukan registrasi kendaraan beserta data diri untuk melakukan pilihan pembayaran pada aplikasi tersebut.

Pengendara juga dapat menggunakan perangkat Electronic Route Ticket untuk memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai. 

Setiap pengguna yang memasuki area tol wajib mengaktifkan Electronic On Board Unit (E-OBU). 

Setelah E-OBU aktif, maka GPS akan menentukan posisi pengguna berdasarkan satelit kemudian proses penyamaan lokasi (map-matching) yang beroperasi pada sistem sentral.

Saat kendaraan keluar dari area tol dan proses map matching berakhir, maka sistem GNSS akan melakukan kalkulasi tarif dengan mengidentifikasi kendaraan yang lewat dan mengirim data ke pusat. 

BACA JUGA:5 Fakta Tol Lubuklinggau-Bengkulu, Tidak Perlu Khawatir Mabuk di Gunung, Perjalanan Lebih Cepat

Dengan begitu, sistem akan secara otomatis memeriksa apakah kendaraan telah terdaftar, sudah membayar, dan terverifikasi apakah kendaraan tersebut melakukan pelanggaran atau tidak.

Teknologi MLFF akan memudahkan pengendara tanpa perlu melakukan transaksi dengan menempelkan uang elektronik, sebab proses transaksi pembayaran tol dapat dengan praktis dilakukan melalui aplikasi Cantas.

Demikian informasi penggunaan sistem bayar tol MLFF di ruas tol Palembang, Jambi dan Bengkulu. Semoga bermanfaat.

 

Sheila Silvina

Kategori :