Namun ide pembangunan jalan bebas hambatan berbayar ini ditolak oleh sebagian besar anggota dewan karena beresiko menghambat kelancaran lalu lintas.
Beberapa di antara mereka juga berpendapat bahwa konsep jalan berbayar ini dapat menimbulkan perpecahan, seperti di masa Kolonial Belanda.
Di tahun 1970, Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) Sutami kembali mengusulkan ide pembangunan jalan tol berbayar Jakarta-Bogor karena ruas jalan yang tersedia pada saat itu sudah tidak sanggup mengatasi masalah kemacetan.
Akhirnya Soeharto menerima ide tersebut dan memulai proyek pembangunan jalan tol pertama di tahun 1973 yang menghubungkan 3 wilayah, Jakarta, Bogor, dan Ciawi sepanjang 59 kilometer. Berdasarkan penelitian, proyek ini menelan biaya hingga Rp350 juta per kilometer jalan.
BACA JUGA:Pembangunan Tol Ruas Palembang - Tanjung Api-Api Tertunda, Kapan Dimulai Kembali?
Tol Jagorawi yang merupakan tol tertua di Indonesia juga menjadi proyek pertama yang menggunakan dana APBN dan utang luar negeri.
Pihak kontraktor yang ditunjuk oleh pemerintah untuk membangun jalan tol ini adalah PT Jasa Marga (Persero) bersama perusahaan kontraktor swasta, Hyundai Construction Co (Korea Selatan) dan konsultan supervisi Amman-Whitney & Trans Asia Engineering Associates Inc (Amerika Serikat).
Pembangunan Tol Jagorawi memakan waktu 5 tahun dan baru diresmikan oleh Soeharto pada 9 Maret 1978 yang dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) Sutami, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tjokropranolo, dan Gubernur Provinsi Jawa Barat Aang Kunaefi.
BACA JUGA:HK Sukses Tuntaskan 16 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera, Ini Rinciannya
Proses pembangunan jalan tol ini terbagi dalam dua sesi:
- Pembangunan tahap 1
Pembangunan tahap 1 membangun kurang lebih sepanjang 27 kilometer di sepanjang jalan Cibubur, Jakarta, sampai Cibinong, Kabupaten Bogor pada tahun 1973 dan diresmikan oleh Soeharto pada 9 Maret 1978.
- Pembangunan Tahap 2
Pembangunan kedua baru diresmikan 1 tahun setelah pembangunan tahap pertama. Tol ini ini dibangun sepanjang 10 kilometer dari Cibinong, Bogor, sampai Ciawi.
Fakta-fakta Menarik Tol Pertama di Indonesia
Berikut adalah 3 fakta menarik tentang pembangunan tol tertua di Indonesia yang jarang diketahui masyarakat: