Selain itu, bank digital juga wajib memberikan upaya kontributif terhadap pengembangan ekosistem keuangan digital dan inklusi keuangan.
Oleh karena itu, OJK juga mengeluarkan persyaratan tentang tata kelola terkait pemenuhan direksi yang mempunyai kompetensi di bidang teknologi informasi dan kompetensi lain sesuai dengan ketentuan OJK mengenai penilaian kemampuan dan kepatutan bagi pihak utama lembaga jasa keuangan.
Keunggulan Bank Digital Dibanding Bank Konvensional
Berdasarkan pengertian di atas, dapat dipahami bahwa layanan digital banking tidak hanya perlu menawarkan kemudahan atau kenyamanan saja terkait layanannya, tapi juga penting untuk bisa menghadirkan rasa aman kepada nasabah. Sebagai bentuk inovasi teknologi, bank digital menawarkan ragam keuntungan yang bisa dinikmati oleh nasabah. Berikut lengkapnya.
• Layanan 24 jam
Dengan beroperasi melalui metode daring, tentu layanan digital banking harus bisa dimanfaatkan oleh para pengguna atau nasabah kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh karena itu, demi memenuhi kebutuhan nasabah, bank digital menawarkan layanan perbankan yang bisa diakses secara 24 jam. Sebagai nasabah bank digital, Anda bisa melakukan transfer, pembayaran, pembukaan rekening, hingga layanan customer service selama 24 jam penuh. Jadi Anda tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk bisa menyelesaikan kebutuhan perbankan Anda. Layanan digital banking biasanya hadir dalam bentuk aplikasi yang ada di dalam smartphone Anda.
Meskipun begitu, sebagai nasabah Anda juga perlu aktif membaca pemberitahuan yang ada. Mengingat layanan digital banking yang dilakukan melalui aplikasi, akan ada waktu pengembangan aplikasi terkait keamanan yang akan dilakukan oleh pihak bank digital sewaktu-waktu. Dalam masa pengembangan ini, besar kemungkinan layanan perbankan tersebut akan mengalami kendala dalam beberapa waktu tertentu.
BACA JUGA:Tabel Pinjaman BRI Non KUR 2024, Suku Bunga hanya 1 Persen, Ini Syarat yang Harus Dilengkapi
• Biaya admin yang terjangkau
Salah satu keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh layanan digital banking adalah terjangkaunya biaya administrasi yang ditawarkan. Jika Anda biasa melakukan transfer antar bank atau pembayaran tagihan melalui mesin ATM, Anda akan mendapatkan biaya administrasi yang dibebankan pada dana yang ada di dalam rekening. Namun, jika Anda melakukan aktivitas perbankan tersebut melalui bank digital, biasanya ada promo maupun layanan bebas biaya admin. Keuntungan ini tentunya cukup menjadi solusi yang baik bagi Anda yang ingin melakukan penghematan pengeluaran dari sumber dana yang ada di dalam rekening.
• Layanan keuangan inklusif
Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh OJK, bank digital wajib untuk memberikan layanan keuangan yang inklusif. Layanan keuangan inklusif berarti pihak bank digital wajib untuk memberikan layanan untuk dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas. Dengan kata lain, bank digital bisa tetap memberikan layanan perbankan yang optimal meskipun ada nasabah yang berada di kawasan pemukiman desa sekalipun. Layanan keuangan yang inklusif ini berhasil dilakukan berkat layanan internet. Jadi, selama Anda memiliki smartphone dengan koneksi internet yang stabil, Anda bisa memaksimalkan layanan digital banking untuk memenuhi segala bentuk aktivitas perbankan yang Anda butuhkan.
BACA JUGA:Ini Syarat Pinjaman KUR BRI 2024 Sesuai Jenisnya, Proses Cair Cepat
Rekomendasi Bank Digital Terbaik di Tahun 2024
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa rekomendasi 9 bank digital terbaik di tahun 2024: