Harus Dihindari, Ini 7 Penyebab Baju Robek Saat Dicuci di Mesin Cuci

Rabu 10-07-2024,14:24 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Permukaan kasar ini dapat menyebabkan robek kecil, atau goresan kecil yang awalnya tidak terlihat jelas. Setelah dicuci, maka Robek-Robek ini akan terlihat lebih jelas karena kain pakaian tertarik selama proses pencucian. Hindarilah menaruh pakaian pada permukaan bersifat abrasif.

BACA JUGA:Tahap Perbaikan, Pasangan Riri-Ujang Wajib Kumpulkan Ulang 938 Lembar KTP Dukungan

3. Sabuk dan aksesori pakaian

Pakaian yang terjepik oleh sabuk, ritsleting, atau pengait terutama dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kain pakaian robek pada saat dicuci.

Hindari menggunakan pengait sabuk yang kasar. Kamu bisa menghaluskan ujung pengait yang kasar tersebut menggunakan amplas.

Mencuci pakaian yang memiliki aksesori dengan permukaan kasar juga dapat menyebabkan Robek selama proses pengeringan baju. Jadi pisahkan pakaian yang menggunakan aksesori yang kasar tersebut. Lebih baik mencuci menggunakan tangan untuk pakaian yang memiliki aksesori tertentu.

BACA JUGA:Ini Syarat Pinjaman Payroll Mandiri 2024, Tanpa Jaminan dan Suku Bunga Rendah

4. Kecepatan siklus putar mesin cuci

Menggunakan putaran yang tidak sesuai dengan jenis pakaian, atau memutar dengan terlalu cepat dapat menyebabkan pakaian tersangkut di Robek-Robek kecil dan celah drum mesin cuci. Hal ini dapat menyebabkan serat-seratnya rusak dan sobek.

Kamu harus menyesuaikan siklus putar mesin cuci dengan jenis kain pakaian yang dicuci.Untuk handuk dan seprei bisa menggunakan 1.400 putaran per menit. Sedangkan pakaian dari kain katun sebaiknya tidak lebih dari 600 putaran per menit.

Untuk bahan jeans sebaiknya tidak menggunakan putaran lebih tinggi dari 900 putaran per menit. Jika memiliki pakaian dari bahan sutra, kamu wajib menggunakan tidak lebih dari 400 putaran per menit.

BACA JUGA:Ini Syarat Pinjaman Payroll Mandiri 2024, Tanpa Jaminan dan Suku Bunga Rendah

5. Terlalu penuh saat mengisi mesin cuci dengan pakaian

Kamu pasti pernah mencuci pakaian hingga memenuhi kapasitas tabung mesin cuci? Hal ini sangat perlu dihindari lho. Kenapa? Karena dapat memengaruhi tingkat kebersihan pada setiap siklus pencucian.

Selain itu, pakaian akan saling berhimpitan yang dapat menyebabkan pakaian terjepit kancing, ritsleting, atau aksesori. Hal inilah yang bisa menyebabkan Robek-Robek pakaian setelah proses pencucian selesai.

Pastikan selalu mencuci pakaian di bawah batas kapasitas dari mesin cuci.
Selain mencegah pakaian Robek, juga mencegah kerusakan pada mesin cuci.

Kategori :