Penting Dilakukan, Begini Cara Mendeteksi Aplikasi Berbahaya di Android

Kamis 11-07-2024,11:33 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:7 Ciri Janda Pembawa Rezeki, Bisa Dilihat dari Gaya Bicara dan Jalannya

6. Perhatikan Kinerja Perangkat

Salah satu tanda bahwa perangkat Anda mungkin terinfeksi oleh aplikasi berbahaya adalah penurunan kinerja yang drastis.

Jika perangkat Anda tiba-tiba menjadi lambat, sering mengalami hang, atau baterai cepat habis tanpa alasan yang jelas, itu bisa menjadi indikasi adanya aplikasi berbahaya yang berjalan di latar belakang.

Gunakan aplikasi pengelola tugas atau optimasi kinerja untuk memeriksa aplikasi yang berjalan dan menghentikan yang mencurigakan.

BACA JUGA:Si Maqoli Inna Mama Ghufron Sebut Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Iri dengan Dia, Anda Percaya atau Tertawa?

7. Baca Kebijakan Privasi dan Ketentuan Pengguna

Sebelum menginstal aplikasi, penting untuk membaca kebijakan privasi dan ketentuan pengguna yang terkait. Periksa apakah aplikasi tersebut mengumpulkan data pribadi, dengan siapa data tersebut dibagikan, dan bagaimana data tersebut digunakan.

Jika kebijakan privasi terlihat mencurigakan atau aplikasi tidak memiliki kebijakan privasi yang jelas, lebih baik untuk menghindari menginstalnya.

8. Hati-hati dengan Aplikasi dari Sumber Tidak Resmi

Selain Google Play Store, ada banyak toko aplikasi pihak ketiga yang menawarkan berbagai aplikasi Android. Namun, toko aplikasi ini sering kali kurang terkendali dan mengandung risiko yang lebih tinggi untuk mengunduh aplikasi berbahaya.

Disarankan untuk hanya mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti Google Play Store untuk mengurangi risiko terkena aplikasi berbahaya.

BACA JUGA:Ingin Bikin Paspor? Ini Syarat Pembuatan Paspor 2024 Lengkap dengan Rincian Biayanya

Tips Menghindari Aplikasi Berbahaya di Android

1. Gunakan Sumber Resmi

Unduh aplikasi hanya dari Google Play Store atau toko aplikasi resmi lainnya, seperti Amazon Appstore atau Samsung Galaxy Store. Ini dapat mengurangi risiko aplikasi berbahaya.

Kategori :