Investor Harus Tahu, Begini Cara Cek Keaslian Emas Antam! Jangan Sampai Tertipu

Jumat 12-07-2024,09:28 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Investor harus tahu, begini cara cek keaslian emas Antam! Jangan sampai tertipu.

Dunia investasi emas Indonesia sedang tidak bauk-baik saja, hal ini lantaran munculnya isu sertifikat emas antam palsu.

BACA JUGA:Setiap Wanita Berisiko Kanker Sarkoma, dr Boyke Minta Jangan Konsumsi Makanan Berikut

Diketahui, sebanyak 109 ton emas dipalsukan oleh 6 orang mantan General Manager UBPP LM PT Antam Tbk. Penjualan emas Antam palsu tersebut termasuk dalam aktivitas ilegal dan menyalahi aturan penggunaan merek di Indonesia.

Adapun Direktur Utama PT Antam, Nico Kanter, menegaskan bahwa kasus ini bukan termasuk pemalsuan emas, melainkan penyalahgunaan merek.

BACA JUGA:Promo Terbaik Yariz Cross Hybrid 2024, Lengkap dengan Simulasi Kreditnya

Lantas, bagaimana cara cek keaslian emas antam?

Agar terhindar dari penipuan yang menggunakan sertifikat emas Antam palsu, mari simak pembahasan lebih lanjutnya di bawah ini.

Cara Mengecek Keaslian Emas Antam

Dilansir dari lama resmi sahabat.pegadaian.co.id, agar tidak tertipu oleh emas Antam palsu, kamu perlu tahu bagaimana cara mengecek keasliannya.

Salah satu produk emas Antam yang sering kali dibeli adalah emas Antam LM Klasik Berbentuk kepingan atau batangan, cek keasliannya bisa dilakukan dengan prosedur berikut:

1. Menimbang Beratnya

Salah satu cara membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menimbang beratnya. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, kamu bisa menggunakan timbangan digital.

Produk emas Antam LM Klasik dibedakan menjadi dua, yaitu dalam bentuk portrait dan landscape. Antam LM Klasik portrait memiliki berat 10 g, sedangkan yang berbentuk landscape memiliki berat 100 g.

Apabila angka di timbangan sama dengan sertifikat emas Antam, maka itu artinya emas tersebut asli. Adapun toleransi berat yang berlaku kurang lebih 0,01 gram untuk setiap jenis produk emas Antam.

Kategori :