Bocah Ajaib Spanyol yang Bersiap Tampil di Final Euro 2024 Lawan Inggris, Ini 7 Fakta Menarik Lamine Yamal

Jumat 12-07-2024,10:32 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Berikut beberapa fakta menarik mengenai bintang muda Barca yang bawa Spanyol ke final Euro 2024.

1. Saat Bayi Pernah Foto dengan Lionel Messi

Akhir-akhir ini media sosial tengah diramaikan dengan foto Lionel Messi yang sedang menggendong dan memandikan Lamine Yamal yang masih bayi. Foto tersebut berasal dari unggahan ayah Yamal, Mounir Nasraoui, pada minggu lalu. Ia memasang foto Yamal yang masih bayi dengan Lionel Messi yang tengah memandikannya. Ia memberi judul: “Awal dari dua legenda.”

Foto yang diunggah Mounir Nasraoui itu diambil pada 2007. Foto itu menunjukkan Lionel Messi, yang saat itu berusia 20 tahun dan baru empat tahun menjalani kariernya di Barcelona, membantu memandikan Lamine Yamal, yang saat itu baru berusia enam bulan. Pemotretan dilakukan di ruang ganti stadion Camp Nou di Barcelona, Spanyol.

Fotografer yang mengambil foto itu, Joan Monfort, 56 tahun, mengatakan para pemain Barcelona saat itu berpose dengan anak-anak dan keluarga mereka untuk sebuah kalender. Ini merupakan bagian dari kegiatan amal tahunan oleh surat kabar lokal Diario Sport dan UNICEF.

BACA JUGA:Ini Makna Selebrasi '304' Lamine Yamal Saat Rayakan Gol, Ternyata Punya Arti Khusus

2. Tetap Belajar Meski Mengikuti Euro

Walau harus membela negaranya di ajang Euro 2024, namun Yamal tetap memprioritaskan pendidikannya. Melansir dari situs NPR, Yamal berada di tahun terakhir pendidikan menengah wajib di Spanyol. Oleh karena itu, dia membawa tugas-tugas sekolahnya ke Jerman dan tetap belajar meski sedang mengikuti kejuaraan Piala Eropa.

Terbaru, menurut situs ESPN, Yamal telah menyelesaikan ujian kelulusannya untuk tahap akhir pendidikan menengah di Spanyol atau setara dengan ijazah sekolah menengah atas.

“Saya lulus ujian dan sekarang saya memiliki kualifikasi ESO. Sejujurnya, saya melihatnya di ponsel saya dan tertulis bahwa saya telah lulus. Jadi, saya langsung menutup aplikasinya, menelepon ibu saya, dan memberitahu dia,” ucap Yamal dikutip dari ESPN.

BACA JUGA:Foto Lamine Yamal Bersama Lionel Messi Saat Berusia 6 Bulan, Ini Faktanya

3. Bisa Bela 3 Tim NasionalSelain bisa membela Spanyol, Lamine Yamal juga bisa membela Maroko atau Guinea Equatorial, karena faktor keturunan dari orang tuanya. Ayah Yamal memiliki darah Maroko, sedangkan ibunya berasal dari Guinea Equatoria.

Melansir dari Think Football Ideas, Yamal lahir di Esplugues de Llobregat, Barcelona, Catalonia. Namun, dia tumbuh di Granollers dan Mataro. Di usia muda, keluarganya kemudian pindah ke Barcelona, tempat ia bergabung dengan akademi muda FC Barcelona, yang membawa pengaruh beragam ke dalam perkembangannya sebagai pemain sepak bola.

4. Memulai Karier di CF La Torreta

Perjalanan Yamal dimulai di CF La Torreta sebelum ia berprestasi di akademi bergengsi La Masia di Barcelona. Banyak yang mungkin tidak menyadari awal mula dia di CF La Torreta.

Barulah pada usia tujuh tahun, Yamal bergabung dengan tim muda FC Barcelona yang terkenal. Yamal mengembangkan minatnya pada sepak bola dengan mengamati ayahnya dan sepupunya yang lebih tua bermain di taman di seberang rumahnya.

Kategori :