Bocah Ajaib Spanyol yang Bersiap Tampil di Final Euro 2024 Lawan Inggris, Ini 7 Fakta Menarik Lamine Yamal

Jumat 12-07-2024,10:32 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

BACA JUGA:Lamine Yamal Pembawa Tim Nasional Spanyol ke final Piala Eropa 2024, Ini Profil Lengkapnya

5. Prioritaskan Pendidikan dengan Les Privat

Meskipun karier sepak bolanya sedang berkembang pesat, bintang Barca ini tetap memprioritaskan pendidikannya. Dia tetap bersekolah sambil mengikuti kelas privat. Menyeimbangkan akademis dengan kegiatan atletiknya menunjukkan komitmen Yamal terhadap pengembangan holistik dan menjadi contoh yang kuat bagi para atlet muda yang bercita-cita tinggi.

Dedikasinya terhadap pendidikan di samping komitmennya terhadap sepak bola terbukti nyata seperti yang ia tegaskan dalam klip video yang dibagikan di akun X Barca Universal. Dia menyatakan, “Saya masih bersekolah, tetapi kelasnya bersifat individual.”

6. Pecahkan Berbagai Rekor saat Debut Bersama Barca

Peningkatan pesat Yamal dari La Masia ke tim utama Barcelona ditandai oleh serangkaian prestasi penting di bawah kepemimpinan Xavi Hernandez. Ia melakoni debutnya di tim utama pada 29 April 2023, di usia 15 tahun, 9 bulan, dan 16 hari.

Hal tersebut menjadikan Yamal sebagai pemain termuda yang tampil untuk Barca sejak Armando Sagi pada 1922. Ia juga menjadi bagian dari skuad yang mengamankan gelar La Liga 2022-2023.

Pada 20 Agustus 2023, Yamal mendapatkan kesempatan bermain perdana untuk Culers, menjadi pemain termuda untuk klub tersebut di La Liga pada usia 16 tahun dan 38 hari. Penampilannya selanjutnya termasuk menjadi pemain termuda yang memberikan assist di La Liga dan pemain termuda kedua yang tampil di Liga Champions.

BACA JUGA:Biodata & Silsilah Keluarga Lamine Yamal, Pencetak Gol Termuda Piala Eropa 2024

Pada 8 Oktober 2023, ia mencetak gol pertamanya untuk tim utama, sekaligus mencetak rekor sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Barcelona dan La Liga. Yamal terus mencetak rekor baru, termasuk menjadi pemain termuda yang bermain di babak sistem gugur Liga Champions dan pemain termuda yang mencetak gol di berbagai kompetisi. Prestasi luar biasa ini mengukuhkan statusnya sebagai salah satu talenta muda paling cemerlang di dunia sepak bola.

7. Penghargaan Golden Boy Pertama

Pada 4 Desember 2023, Yamal dianugerahi trofi bergengsi Golden Boy The Youngest. Itu membuktikan bakat dan kontribusinya yang luar biasa bagi sepak bola di usia yang masih sangat muda.

Menambahkan catatan rekornya, Yamal tampil pertama kali di El Clasico pada akhir Oktober 2023. Dia menjadi pemain termuda yang tampil untuk Blaugrana di El Clasico sejak Ansu Fati.

Itulah beberapa fakta menarik Lamine Yamal, bocah ajaib Spanyol yang bersiap tampil di Final Euro 2024 lawan Inggris.

 

(Novan)

Kategori :