Selain Bjorka, Ini 10 Deretan Hacker Indonesia Paling Berbahaya dan Ditakuti Dunia

Jumat 12-07-2024,10:52 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

3. Kang Onno

Onno Widodo Purbo merupakan pakar teknologi informasi asal Bandung. Kang Onno bahkan pernah memenangkan penghargaan internasional, Jonathan B Postel Service Award.

Gelar ini diberikan sebagai penghargaan atas kontribusi teknis, kepemimpinan dan pengabdiannya yang luar biasa dan terus-menerus bagi komunitas Internet global.

Ia merupakan wisudawan terbaik Teknik Elektro ITB pada tahun 1981. Setelah menyelesaikan S1, Kang Onno pun melanjutkan studinya ke Kanada lewat jalur beasiswa.

BACA JUGA:Bocah Ajaib Spanyol yang Bersiap Tampil di Final Euro 2024 Lawan Inggris, Ini 7 Fakta Menarik Lamine Yamal

4. Xnuxer

Dani firmansyah atau lebih dikenal sebagai Xnuxer, hacker yang sempat membuat heboh tanah air pada masanya. Pada April 2004, dirinya berhasil membobol situs kpu.go.id dengan cara XSS atau cross site scripting dan SQL injection.

Usai berhasil masuk ke dalam lingkup sistem, ia membuka nama 24 partai politik. Kemudian mengganti nama-nama peserta pemilu dengan nama buah. Karena aksinya, kepolisian akhirnya menjatuhi hukuman sekitar tujuh bulan penjara.

Saat ini, Dani menjadi Co-Founder sekaligus CTO (Chief Technology Officer) di sebuah perusahaan jasa teknologi informasi.

BACA JUGA:Begini Cara Mendapatkan Anak Laki-laki, Kata dr Boyke Cuci Miss V dengan Campuran Baking Soda

5. E5a_CYB3R

Erza Jullian, nama di balik hacker ternama E5a_CYB3R. Kemampuannya yang handal membuatnya berhasil menjebol sistem keamanan KPU. Dalam serangannya, ia mengubah tampilan pada situs resmi KPU.

Diketahui, ia termasuk salah satu hacker yang berasal dari grup hacker Manusia Biasa Team. Ia juga merupakan salah satu anggota Anonymous Hacker Indonesia.

6. Pak Made

Bernama asli I Made Wiryana, Pak Made menjadi salah satu hacker Indonesia yang kemampuannya diakui dunia. Hacker Indonesia satu ini ditugaskan sebagai salah satu Cyber Paspampres RI. Ia dipercaya untuk mengurus masalah maintenance website dan server mantan presiden SBY.

Bukti nyata sebagai hacker profesional, ia pernah melakukan backup server kepresidenan dalam hitungan detik setelah sebelumnya digempur oleh serangan DDoS. Dia bersama Pak Rusmanto, seorang pakar di dunia Linux, mengembangkan dan mempelopori perkembangan Linux di Tanah Air.

Kategori :