Siapa Hoegeng yang Namanya Dijadikan Nama Awards? Ini Kisah dan Fakta Menariknya

Sabtu 13-07-2024,10:51 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

Hoegeng selalu memposisikan dirinya sebagai polisi yang melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat. 

Ia tidak pernah menanggalkan atribut kepolisiannya, meskipun ditugaskan di instansi sipil negara seperti menjadi Kepala Jawatan Imigrasi Republik Indonesia, Menteri Iuran Negara, dan Menteri Sekretaris Kabinet. 

Bahkan, pada batu nisannya hanya tertera lambang Tribrata, simbol integritasnya sebagai polisi.

Ada tiga prinsip utama yang selalu dipegang teguh oleh Hoegeng dalam menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari: memberikan contoh dari atas ke bawah, konsistensi ucapan, dan sentuhan langsung kepada masyarakat.

BACA JUGA:Ini Daftar 37 Desa Terdampak Pembangunan Tol Getaci di Kabupaten Garut, Desa Mana saja?

Ia selalu mengingatkan untuk menjadi orang baik, lebih penting daripada menjadi orang penting. Warisan kejujuran dan integritasnya terus dikenang dan diterapkan dalam kehidupan oleh keluarganya.

Hoegeng Awards 2024

Hoegeng Awards adalah program yang bertujuan mencari dan memberikan penghargaan kepada polisi teladan yang menunjukkan kinerja luar biasa di berbagai bidang. 

Ada lima kategori dalam Hoegeng Awards 2024: 'Polisi Berdedikasi', 'Polisi Inovatif', 'Polisi Pelindung Perempuan dan Anak', 'Polisi Tapal Batas dan Pendalaman', serta 'Polisi Berintegritas'. 

Acara penganugerahan Hoegeng Awards 2024 berlangsung di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, pada Jumat, 12 Juli 2024. 

BACA JUGA:Utsman Bin Affan, Sahabat Nabi Muhammad yang Sampai Sekarang Masih Punya Saldo Rekening Bank dan Hotel

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan Chairman CT Corp Chairul Tanjung. 

Hadir pula keluarga Jenderal Hoegeng, pejabat instansi pemerintahan, tokoh agama, akademisi, tokoh masyarakat, perwakilan organisasi masyarakat sipil, dan para mahasiswa.

Para Penerima Hoegeng Awards 2024

Berikut adalah lima polisi yang menerima Hoegeng Awards 2024 beserta kategori dan alasan di balik pemilihan mereka:

1. Polisi Berintegritas: AKBP Sri Wahyuni

Kategori :