OPPO Reno 12, Fitur, Spesifikasi dan Performa, Lengkap dengan Harga 3 Jenis Variannya

Sabtu 13-07-2024,14:21 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Selain itu, kamu mungkin bisa memfilter aplikasi apa aja yang memakan RAM besar di HP kamu sehingga dapat melemahkan performanya.

BACA JUGA:Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Bertenaga yang Ringan dan Tipis

6. Selalu Update Aplikasi dan Sistem Informasi (OS)

Cek ke pengaturan HP dan lihat update sistem informasi kamu, kalau masih memakai OS yang lama lebih baik kamu mulai upgrade OS kamu.

Ini adalah cara merawat HP agar awet karena pembaruan sistem atau aplikasi dapat menjaga performa HP kamu tetap prima.

Pembaruan OS atau aplikasi punya banyak manfaat. Dari mulai memperbaiki masalah keamanan, masalah bug, meningkatkan kinerja hingga memberikan fitur-fitur baru yang lebih ciamik.

BACA JUGA:Lenovo Xiaoxin Pad Pro 12.7 Meluncur Bulan Ini, Tablet Terbaru dengan Kinerja Terbaik di Kelasnya

7. Jangan Hanya Mengisi Daya Baterai Ketika Menyentuh 0%

Ternyata untuk mengisi daya baterai HP di saat 0% bisa membuat daya baterainya rusak. Karena ketika kamu mengisi daya di 0% tegangannya akan bertambah lebih banyak sehingga baterai tertekan.

Baterai HP idealnya berada di kapasitas 30-80% agar kerjanya baik. Jadi, ketika baterai HP kamu sudah dibawah 30% sebaiknya mulai kamu isi dayanya. 

Namun, jangan sampai baterai menjadi 100% juga ya karena tekanannya juga tinggi sehingga mampu memperpendek umur baterai.

BACA JUGA:Laptop Gaming ASUS ROG Flow X13, Tawarkan Prosesor AMD Ryzen 9 5000 Series

8. Bersihkan Cache

Cache atau file temporer yang dihasilkan browser atau aplikasi HP sebenarnya berfungsi untuk mengingat perintah yang dilakukan di HP agar tidak perlu membuat aktivitas baru lagi saat kamu menjalani beberapa perintah yang sudah dilakukan sebelumnya. 

Namun, tahukah kamu terkadang cache menyimpan cukup banyak memori?

Nah cara merawat HP agar awet bisa dilakukan dengan menghapus atau membersihkan cache yang ada di browser atau aplikasi yang kamu pakai. 

Kategori :