Selain Donald Trump, Ini Deretan Kepala Negara yang Pernah Ditembak

Minggu 14-07-2024,11:40 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Perdana Menteri Swedia Olof Palme ditembak mati pada 28 Februari 1986 saat berjalan pulang bersama istrinya setelah menonton bioskop di Stockholm. Pembunuhan ini hingga kini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

5. Mohamad Boudiaf (1992)

Presiden Aljazair Mohamad Boudiaf tewas ditembak pengawalnya pada 29 Juni 1992 saat berpidato di Annaba. Pengawal yang bernama Lembarek Boumarafi muncul dari balik tirai dan menembak Boudiaf setelah menggulingkan granat di bawah.

6. Yitzhak Rabin (1995)

Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin ditembak mati oleh seorang ekstremis Yahudi bernama Yigal Amir pada 4 November 1995. Pembunuhan ini terjadi setelah Rabin berpidato dalam acara kampanye perdamaian di Tel Aviv. Yigal Amir menembak Rabin tiga kali dari jarak dekat.

BACA JUGA:Kondisi Terbaru Donald Trump Usai Dikabarkan Ditembak Saat Kampanye, Begini Respon Pejabat AS

7. Jovenel Moise (2021)

Presiden Haiti Jovenel Moise ditembak mati di kediaman pribadinya di Port-au-Prince pada tengah malam 7 Juli 2021 oleh pasukan komando bersenjata. Insiden ini melibatkan 28 orang, termasuk 18 mantan tentara Kolombia. Hingga kini, penyelidikan masih berlangsung untuk mengungkap dalang pembunuhan ini.

8. Shinzo Abe (2022)

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak saat berpidato dalam kampanye di kota Nara pada 8 Juli 2022. Abe, yang merupakan PM Jepang terlama pascaperang, tewas dengan luka tembak di bagian leher dan tulang selangka sebelah kiri.

Pelaku penembakan adalah Tetsuya Yamagami, seorang mantan anggota AL Jepang. Motif penembakan ini masih dalam penyelidikan aparat keamanan, meskipun pelaku mengaku memiliki dendam terhadap Abe.

Fenomena penembakan terhadap kepala negara tidak hanya terjadi di AS, tetapi juga di berbagai belahan dunia, demikianlah informasi mengenai deretan kepala negara atau mantan kepala negara yang pernah ditembak.

Sheila Silvina

Kategori :