Tabung Gas Bocor? Jangan Panik Dulu, Ini Cara Mudah dan Aman Mengatasinya

Selasa 16-07-2024,22:50 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tabung gas bocor? Jangan panik dulu, ini cara mudah dan aman mengatasinya.

Gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) merupakan salah satu sumber energi yang sangat umum digunakan di rumah tangga dan industri. 

Namun, keamanan menjadi faktor yang sangat penting dalam penggunaan gas ini karena kebocoran gas dapat menyebabkan berbagai risiko, termasuk kebakaran dan ledakan. 

BACA JUGA:Donald Trump Pilih JD Vance Jadi Cawapres Pemilu Amerika 2024, Joe Bidan Panas Dingin Sampai Keluarkan Kecaman

Salah satu tanda bahaya yang sering muncul adalah bunyi hissing atau berdesis yang keluar dari tabung gas. Namun sahabat camkoha tidak usah panik, jika gas di rumah bocor dan bunyi mendesis dapat menyimak cara-cara berikut untuk mengatasinya.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, sahabat perlu tahu cara membedakan tabung gas bocor dan habis serta penyebab tabung gas berbunyi, berikut informasinya.

Cara Membedakan Tabung Gas Bocor dan Habis:

1. Suara dan Bau

- Tabung Gas Bocor: Jika kamu mendengar suara mendesis atau hissing dari tabung gas dan mencium aroma belerang yang menyengat di sekitarnya, ini menandakan adanya kebocoran gas.

BACA JUGA:Tidak Boleh Salah, Ini Aturan Pasang Bongpay Tionghoa Berdasarkan Feng Shui

- Tabung Gas Hampir Habis: Meskipun tabung gas yang hampir habis juga bisa mengeluarkan aroma belerang, namun baunya tidak setajam atau sekuat seperti tabung gas yang bocor. Aroma ini biasanya hanya tercium dari jarak yang sangat dekat dengan tabung.

2. Berat Tabung Gas

- Tabung Gas Bocor: Jika tabung terasa ringan, kemungkinan besar gas di dalamnya sudah hampir habis. Namun, jika tabung masih terasa berat, tetapi kamu mendengar suara mendesis, maka ada kemungkinan kebocoran yang perlu ditangani.

BACA JUGA:Bagaimana dengan Uang Nasabah jika Bank Mengalami Kebangkrutan, Ini Cara LPS Mengamankannya

- Tabung Gas Hampir Habis: Jika tabung terasa berat dan belum terlalu lama digunakan, namun tidak terdengar suara mendesis, maka kemungkinan besar gas di dalamnya masih cukup.

Kategori :