Disarankan Tidak Melepas Alas Kaki di Dalam Pesawat, Ternyata Ini Alasannya

Jumat 19-07-2024,08:00 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Disarankan tidak melepas alas kaki di dalalam pesawat, ternyata ini alasannya.

Ketika melakukan penerbangan, apa kalian merasa lebih leluasa ketika melepas alas kaki di pesawat? Jika kalian termasuk orang yang menyukai hal itu, kini saatnya kalian untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Ya, kalian dianjurkan untuk selalu pakai alas kakimu ketika sedang naik pesawat dan jangan pernah melepasnya. Nyatanya hal ini bukan tanpa alasan, jika kalian melepas alas kaki di pesawat akan ada bahaya yang mengintai kesehatan kalian. Terlebih lagi jika sampai pergi ke toilet pesawat tanpa sepatu atau sandal.

BACA JUGA:Dilarang Merokok Saat di Pesawat Tapi Disediakan Asbak di Toilet, Ternyata Ini Alasannya

Alasan Disarankan Tidak Melepas Alas Kaki di Dalam Pesawat

Selama perjalanan yang memakan waktu lama itu, ada beberapa etika di pesawat yang perlu kamu ketahui demi kenyamanan bersama, salah satunya adalah tidak melepas alas kaki di pesawat. Dilansir dari Travel and Leisure, inilah beberapa alasan di balik aturan di pesawat yang satu itu.

1. Infeksi Bakteri

Bertelanjang kaki selama mengikuti sebuah penerbangan dapat membuat penumpang pesawat rentan terpapar infeksi bakteri. Kabin pesawat memang dibersihkan sebelum setiap penerbangan, tetapi pembersihan itu bisa saja kurang optimal ketika awak pesawat hanya punya waktu 15 hingga 20 menit saja

BACA JUGA:5 Alasan Penumpang Pesawat Dilarang ke Toilet Saat Take Off dan Mendarat, Bisa Terjebak dalam Toilet

Sementara itu, layanan pembersihan menyeluruh dari pesawat baru akan dilakukan setiap 4 hingga 6 minggu sekali. Di luar waktu itu, permukaan yang sering disentuh seperti layar di bagian belakang kursi penumpang, kantong penyimpanan, atau pegangan kursi mungkin dibersihkan, tetapi tumpahan minuman di lantai mungkin saja belum bebas dari bakteri sampai pembersihan menyeluruh dilakukan.

Akhirnya, penumpang yang memutuskan untuk bertelanjang kaki di pesawat akan berpotensi menjadi pembawa bakteri dan virus yang akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan. Selain terkena bakteri dan virus, bertelanjang kaki juga akan membuat kakimu rawan terinfeksi jamur.

BACA JUGA:Penumpang Pesawat Dilarang Tutup Tirai Jendela Ketika Take Off dan Landing, Ternyata Ini Alasannya

2. Potensi Terluka saat Evakuasi Keadaan Darurat

Selain berkaitan dengan masalah kebersihan dan kesehatan, melepas alas kaki di pesawat juga bisa membawa dampak berbahaya dalam situasi darurat. Menurut mantan pramugari Tony Kuna di Quora, meskipun tidak tertulis dalam informasi keselamatan penerbangan, alas kaki penting dikenakan selama kondisi darurat di pesawat.

Selama keadaan darurat, berbagai macam benda asing dan permukaan lantai yang kotor akan menghalangi langkahmu menuju keluar pesawat serta area evakuasi. Jika kamu tidak memakai alas kaki, kamu akan kesulitan mencapai tujuan atau bahkan harus menghadapi risiko terluka di area kaki karena pecahan kaca, api, dan onggokan besi.

Kategori :