Apakah Innova Diesel Boleh Dipakaikan Solar Subsidi? Begini Petunjuknya agar Lebih Amannya

Jumat 19-07-2024,10:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

2. Harga

Mobil yang menggunakan mesin diesel memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin. 

BACA JUGA:Geger, Sopir Ambulans Turunkan Jenazah di SPBU, Ini Kronologi Kejadian dan 5 Faktanya

Hal ini disebabkan oleh material pada mesin diesel harus lebih kuat, karena mesin harus tahan dengan kompresi diesel yang cukup tinggi. 

Sementara biaya untuk material semacam itu biasanya lebih mahal sehingga berpengaruh pada harga mesin dan harga mobil secara keseluruhan.

3. Performa Mesin

Perbedaan mesin diesel dan mesin bensin selanjutnya terletak pada urusan performa. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Mesin mobil berbahan bakar bensin memang memiliki kelebihan dalam akselerasi dan juga dikenal responsif.

BACA JUGA:Disarankan Tidak Melepas Alas Kaki di Dalam Pesawat, Ternyata Ini Alasannya

Namun dari segi kekuatan, mesin diesel lebih unggul dibandingkan mesin bensin. Anda bisa melihat dump truck dan bus di jalanan, kedua jenis mobil berbahan bakar diesel tersebut mampu berjalan dengan beban berat, mampu menempuh perjalanan yang jauh dan juga mampu melintasi medan-medan yang menuntut kekuatan mesin.

4. Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar mesin diesel dikenal lebih efisien dibanding mesin bensin. Mesin berbahan bakar solar tersebut mampu menghasilkan tenaga yang besar dari bahan bakar yang relatif minim. 

BACA JUGA:Fantastis, Ini Rincian Dana Desa di Kabupaten Bogor Tahun 2024

Lalu, pengeluaran untuk bahan bakar juga bisa lebih hemat, karena harga solar lebih murah daripada bensin. Jika mencari kendaraan yang irit, maka Anda bisa memilih mobil diesel, terlebih jika Anda sering melakukan perjalanan jarak jauh.

5. Perawatan Mesin

Selain dari kebutuhan bahan bakar, perbedaan mesin bensin dan mesin diesel juga terletak dari segi perawatannya.

Mesin diesel memerlukan penanganan ekstra dan khusus karena sistem ruang pembakarannya lebih rumit daripada mesin bensin.

Kategori :