Ketok Palu, Ternyata Ini Alasan Kemendikbud Ristek Tetapkan Kurikulum Merdeka 2024

Jumat 19-07-2024,21:21 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Ini Formasi CPNS Kemenag 2024 untuk Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Simak Syaratnya

2. Sederhana dan Mendalam

Keunggulan kurikulum baru ini bagi siswa adalah sederhana dan mendalam. Jadi, siswa bisa fokus pada materi esensial sesuai dengan tingkat kompetensi siswa di setiap fase. 

Selain itu, siswa tidak perlu buru-buru menguasai suatu mata pelajaran. Dengan begitu, proses pembelajaran akan berlangsung secara menyenangkan, mendalam, dan bermakna. 

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Ini 9 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

3. Lebih Relevan dan Interaktif

Bagi siswa, Kurikulum Merdeka belajar memungkinkan mereka untuk mengerjakan tugas berbasis proyek. 

Sementara tugas proyek memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplor isu-isu yang relevan dan terjadi belakangan ini. 

Jika siswa terbiasa bekerja secara berkelompok dan berkolaborasi menghasilkan suatu karya yang kreatif, maka akan mendukung pengembangan karakter sekaligus kompetensi sesuai profil pelajar Pancasila dengan cara interaktif. 

BACA JUGA:Mau Jadi PNS? Inilah 10 Jurusan Kuliah yang Paling Berpeluang Besar Jadi PNS

Keunggulan Kurikulum Merdeka bagi Guru

Bukan hanya siswa yang akan mendapat dampak positif dari kurikulum baru. Melainkan, para guru yang menjadi tenaga pendidik juga akan merasakan deretan keunggulan merdeka belajar sebagaimana berikut ini. 

1. Bebas Menentukan Perangkat Ajar

Jika siswa bebas menentukan mata pelajaran yang mereka minati, maka guru juga merasakan kebebasan untuk menentukan perangkat ajar menyesuaikan kebutuhan dan kompetensi siswa. 

Setiap peserta didik pastilah memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi, guru bisa lebih leluasa memilih perangkat ajar yang cocok agar dapat diterima dengan baik oleh siswanya. 

BACA JUGA:Daftar Jurusan Teknik yang Berpeluang Menjadi CPNS Tahun 2024, Simak juga Formasi Lulusan SMA

Kategori :