Cair Lagi PKH Tahap 3 Juli 2024, Simak Prediksi Jadwal Pencairannya di Sini

Senin 22-07-2024,06:01 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Cair lagi bansos-pkh tahap 3 Juli 2024, simak prediksi jadwal pencairannya di sini.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan sosial yang diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 1 Tahun 2018. PKH adalah program pemberian bantuan tunai bersyarat yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan tujuan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

BACA JUGA:Bansos PKH BPNT Juli 2024 Cair Lagi, Segini Besaran Bantuan yang Diterima

Menurut Peraturan Menteri Sosial No. 1 Tahun 2018, PKH ditujukan untuk keluarga miskin dan rentan yang memiliki anggota keluarga: ibu hamil dan/atau menyusui, anak usia sekolah (5-21 tahun), dan/atau anggota keluarga yang lanjut usia atau memiliki disabilitas berat dan permanen.

Penerima PKH dipilih berdasarkan data dari Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial. Data ini di-update secara berkala untuk memastikan bahwa bantuan diberikan kepada keluarga yang benar-benar membutuhkan.

BACA JUGA:Cair,Cair, Cair, Ini 5 Jenis Bansos yang Positif Dicairkan Pemerintah Bulan Juli 2024

Besar bantuan PKH berbeda-beda, tergantung pada komposisi dan kondisi keluarga. Bantuan ini diberikan setiap bulan atau setiap tiga bulan, tergantung pada kebijakan pemerintah daerah setempat. Bantuan ini diberikan dengan syarat, yaitu KPM harus memenuhi kewajiban-kewajiban tertentu, seperti memastikan anak-anaknya bersekolah dan mendapatkan imunisasi, dan ibu hamil melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Program PKH ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat membantu mengurangi beban ekonomi keluarga miskin dan rentan, serta membantu mereka untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

BACA JUGA:9 Cara Daftar Bansos Beras 10 Kg Tahun 2024, Pastikan Anda Melengkapi Persyaratannya

Cair Lagi PKH Tahap 3 Juli 2024

Seperti diketahui bahwa PKH Tahap 1 dan 2 sudah cair, sedangkan tahap 3 hingga kini belum cair.

Tak sedikit calon penerima yang menantikan jadwal pencairan PKH Tahap 3 2024.

Sebagai informasi, PKH Tahap 3 2024 akan diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui Kantor Pos dan Himbara. 

Sementara itum bansos PKH ini diberikan setiap tiga bulan sekali atau sebanyak empat tahap dalam setahun.

BACA JUGA:Catat! Ini Daftar 4 Bansos yang akan Cair di Awal Bulan Juli 2024

Kategori :