Alasan Joe Biden Mundur dari Pilpres Amerika, Trump Beri Respon: Tidak Layak Mencalonkan Diri sebagai Presiden

Senin 22-07-2024,12:18 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Fitriani

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Alasan Joe Biden mundur dari Pilpres Amerika, Trump beri respon: tidak layak mencalonkan diri sebagai presiden.

Joseph Robinette Biden Jr., lebih dikenal sebagai Joe Biden, adalah seorang politikus Amerika yang saat ini menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46. 

Setelah mengalahkan petahana Donald Trump pada pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2020, Biden resmi dilantik sebagai Presiden AS pada 20 Januari 2021. 

BACA JUGA:Donald Trump Pilih JD Vance Jadi Cawapres Pemilu Amerika 2024, Joe Bidan Panas Dingin Sampai Keluarkan Kecaman

Dan kembali mencalonkan diri di Pilpres AS 2024. Namun, baru-baru ini, Biden mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat 2024 dan memberikan dukungannya kepada wakilnya, Kamala Harris, untuk maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Dalam pernyataan pengunduran dirinya yang disampaikan melalui media sosial pada Minggu (21/7), Biden menyatakan bahwa keputusannya diambil demi kepentingan terbaik partai Demokrat dan negara. 

"Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai presiden Anda," kata Biden dalam surat pengunduran dirinya. "Dan meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin bahwa demi kepentingan terbaik partai saya dan negara, saya harus mengundurkan diri dan hanya berfokus pada pemenuhan tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya," imbuhnya.

BACA JUGA:Semakin Panas Donald Trump Vs Joe Biden, Begini Pernyataan Trump

Langkah yang diambil Biden ini menyebabkan Partai Demokrat kembali mengalami kekacauan menjelang pilpres AS yang akan digelar pada 5 November mendatang. 

Namun, penunjukan Kamala Harris sebagai penggantinya juga membawa angin segar bagi partai tersebut. 

Harris telah menyatakan komitmennya sebagai pengganti Biden dan berjanji akan berjuang untuk meraih dukungan resmi menjelang konvensi partai yang akan digelar Agustus nanti. "Saya merasa terhormat mendapat dukungan dari Presiden dan niat saya adalah untuk mendapatkan dan memenangkan nominasi ini," demikian pernyataan Kamala Harris pada Minggu (21/7) waktu setempat.

Menurut laporan AFP, pengunduran diri Biden dari Pilpres AS sebenarnya telah lama diperkirakan sebelumnya. Kabar resmi ini akhirnya datang secara mendadak beberapa hari setelah Biden dinyatakan terjangkit Covid-19 dan tengah beristirahat di Delaware. 

Pengunduran diri Biden juga terjadi lebih dari sepekan setelah Donald Trump menjadi sasaran penembakan saat kampanye di Pennsylvania pada Sabtu (13/7) lalu. Trump telah resmi diusung oleh Partai Republik untuk maju dalam Pilpres AS.

BACA JUGA:Cek Harga HP OPPO Terbaru di Bulan Juli 2024! Mulai dari Rp 1 Jutaan

Dalam beberapa minggu terakhir, desakan agar Biden mundur dari pencalonan semakin kencang setelah ia disebut kalah dalam debat pertama melawan Trump. 

Kategori :