Tak hanya Satu, Ini Jenis Mobil Pemadam Kebakaran dan Fungsinya

Senin 22-07-2024,21:10 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tak hanya satu, ini jenis mobil pemadam kebakaran dan fungsinya. 

Seiring dengan perkembangan zaman membuat peralatan para pemadam kebakaran terus berkembang dimulai dari hanya baju yang melindungi diri dari air, berlanjut kepada baju untuk melindungi diri dari api serta mobil yang akan dijadikan alat tempur disaat memadamkan api. 

BACA JUGA:Hanya Rp 1 Jutaan! Ini Rekomendari HP Realme Terbaru dan Paling Murah 2024

Bagi masyarakat awam menganggap jenis mobil damkar hanya satu karena memang pembahasan tentang topik tersebut belum terlalu banyak.

Seperti diketahui bahwa petugas pemadam kebakaran selalu bekerja dalam waktu, bukan secara individu. Ketika menangani suatu laporan kondisi darurat, tim yang terdiri dari tenaga profesional berbagai bidang akan diberangkatkan yang tentunya membutuhkan kendaraan pendukung.

Jadi, mobil damkar adalah kendaraan berupa truk yang telah dimodifikasi untuk mengangkut petugas pemadam kebakaran dan peralatan pemadam kebakaran ketika bertugas. 

Armada ini akan mengantarkan ke lokasi dan membantu dalam proses penanganan situasi darurat. Mobilnya selalu dilengkapi dengan sirine seperti ambulans dan mobil polisi untuk memudahkan diberi jalan agar lekas sampai lokasi.

BACA JUGA:Hanya Rp 1 Jutaan! Ini Rekomendari HP Realme Terbaru dan Paling Murah 2024

Jenis-jenis Mobil Pemadam Kebakaran 

Dilansir dari laman resmi https://firecek.com/ berikut ini 7 jenis mobil pemadam kebakaran:

 1. Pump Truck

Pump Truck adalah jenis mobil pemadam kebakaran yang dirancang khusus untuk membawa pompa yang digunakan untuk mengambil air dari sumber eksternal, seperti sungai atau hidran. 

Mobil ini juga dilengkapi dengan tangki air dan peralatan pemadam kebakaran lainnya. Biasanya, tangki air pada pump truck memiliki kapasitas antara 3.000 hingga 12.000 liter. 

Kapasitas yang besar ini memungkinkan mobil ini untuk menyediakan pasokan air yang cukup untuk memadamkan kebakaran besar. Desain pump truck dibuat sedemikian rupa agar bisa bergerak dengan lincah di berbagai kondisi jalan dan pemukiman.

BACA JUGA:Dana Desa di Kabupaten Luwu Utara Tahun 2024, Lengkap dari Dana Terkecil hingga Terbesar

Kategori :