PIN Polio 2024, Jadwal dan 27 Provinsi yang Melaksanakan PIN Polio Tahap 2

Selasa 23-07-2024,16:59 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Hal ini untuk memperkuat imunitas serta kekebalan polio tipe yang saat ini sangat rendah, juga sebagai upaya untuk memutus transmisi virus polio yang telah ada saat ini.

Adapun untuk mendapatkan imunisasi polio dalam program PIN Polio 2024 Tahap kedua ini, masyarakat dapat mendatangi secara langsung Posyandu, Puskesmas, Pos Pelayanan Imunisasi terdekat di masing-masing wilayah. Imunisasi ini juga diselenggarakan di beberapa sekolah.

BACA JUGA:70 Ekor HPR di Desa Kota Agung Seluma Divaksinasi Rabies

Diketahui, dengan pemberian vaksin, tubuh dapat memproduksi zat pelindung (antibodi) yang akan mencegah seseorang tertular penyakit ini. 

Umumnya, jenis vaksin yang diberikan adalah jenis inactivated poliovirus vaccine (IPV) atau yang mengandung virus tidak aktif. 

Vaksin ini bekerja dengan cara mengenalkan virus polio non aktif ke dalam tubuh. Ini merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi yang spesifik untuk melawan virus polio. Metode ini lebih banyak dipilih karena dianggap lebih aman untuk didapatkan.

BACA JUGA:5 Jenis Vaksin yang Ditanggung BPJS Kesehatan Program Imunisasi Dasar untuk Bayi

Tujuan Vaksin Polio

Vaksinasi polio merupakan bagian dari program imunisasi dasar anak di Indonesia.

Tujuannya adalah untuk mencegah infeksi dan penyebaran penyakit polio. Vaksin ini memberikan perlindungan terhadap virus poliovirus, yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian.

Pemberian vaksin ini dapat menciptakan kekebalan tubuh terhadap poliovirus, terutama pada anak-anak. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih kuat dan mampu melawan infeksi jika terpapar virus polio.

Vaksin polio telah terbukti efektif dalam mencegah penyakit ini dan berperan besar dalam upaya global untuk memberantas polio.

BACA JUGA:Banyak Laporan Gigitan Hewan, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Minta Segera Lakukan Vaksinasi

Manfaat Vaksin Polio

Setiap anak wajib untuk mendapatkan vaksin polio oleh pemerintah Indonesia agar terlindungi dari penyakit polio.

Ada beberapa manfaat dari tindakan ini bagi anak, yaitu:

Kategori :