PIN Polio Provinsi Bengkulu 2024 Resmi Dibuka Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Catat Jadwalnya

Selasa 23-07-2024,18:10 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Kick Of PIN Polio tahap 2 ini dibuka Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar, yang dihadiri Kadis Kesehatan Provinsi dan unsur Forkopimda Provinsi Bengkulu, di Balai Raya Semarak Bengkulu.

BACA JUGA:70 Ekor HPR di Desa Kota Agung Seluma Divaksinasi Rabies

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam amanatnya yang disampaikan Asisten I Khairil Anwar mengatakan, pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap 2 ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk menjaga kesehatan dan masa depan anak-anak dengan melakukan pencegahan dini terjangkitnya penyakit polio.

"Saya mengajak seluruh orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam program ini. Pastikan anak-anak kita mendapatkan imunisasi polio sesuai jadwal yang telah ditetapkan," sampai Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar, membacakan amanat Gubernur Bengkulu.

BACA JUGA:5 Jenis Vaksin yang Ditanggung BPJS Kesehatan Program Imunisasi Dasar untuk Bayi

Perlindungan terhadap polio, jelas gubernur, adalah hak setiap anak dan tugas bersama untuk memastikan hak tersebut terpenuhi.

Apalagi, lanjutnya, penyakit polio merupakan salah satu kedaruratan kesehatan masyarakat dan seluruh negara telah berkomitmen untuk mewujudkan eradikasi polio termasuk Indonesia.

Di mana berdasarkan risiko yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia (WHO), sebagian besar kabupaten/kota di Indonesia dikategorikan wilayah risiko tinggi.

BACA JUGA:Banyak Laporan Gigitan Hewan, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Minta Segera Lakukan Vaksinasi

Khairil berharap melalui program ini, dapat mencapai target cakupan imunisasi yang maksimal dan memastikan Provinsi Bengkulu bebas dari Polio.

“Mari kita bergandengan tangan dan berkomitmen untuk melindungi anak-anak kita dari penyakit Polio," demikian sebut Kahiril, mengakhiri amanat gubernur.

BACA JUGA:Apakah Ada Korban Efek Vaksin Astrazeneca di Indonesia? Begini Penjelasan BPOM

Sesuai laporan panitia pelaksana, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Mohammad Redhwan Arif, PIN Polio tahap 2 ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan sasaran PIN Polio anak usia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

"Sasaran imunisasi Polio untuk Provinsi Bengkulu sebanyak 287.541 anak dengan target cakupan sekurang-kurangnya 95 persen untuk masing-masing putaran," sebut Redhwan.

BACA JUGA:Sebabkan TTS, Vaksin Astrazeneca Resmi Ditarik dari Peredaran

Vaksin polio ini, jelasnya, merupakan upaya untuk melindungi anak dari infeksi virus polio. Penyakit polio adalah penyakit menular yang menyerang sistem syaraf pusat.

Kategori :