Inilah 4 Hewan yang Disukai Nabi Muhammad, Umat Muslim Dilarang Melukainya

Rabu 24-07-2024,10:23 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : ahmad afandi

Sebagai informasi tambahan berikut 7 alasan kenapa kucing menjadi hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW.

1. Hewan yang selalu memanjatkan doa

Salah satu hal dari Muezza yang disukai Rasul adalah sifat Muezza. Muezza suka mengeong tiap kali mendengar suara azan. Bahkan, suara kucingnya itu terdengar seperti mengikuti lantunan adzan yang sedang dikumandangkan, seakan-akan memahami panggilan salat.

Bahkan, layaknya hewan lain yang selalu memanjatkan doa, kucing akan mendoakan pemiliknya karena kebaikan yang telah dilakukan mulai dari memberi makan dan merawatnya. Ini merupakan keistimewaan dari memiliki kucing di rumah.

2. Kucing memiliki naluri dan kecerdasan

Sebagai hewan peliharaan, kucing memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan pemiliknya, di antaranya ketika ia mampu mengenali pola perawatan pemiliknya.

Setelah beberapa waktu tinggal di rumah, kucing akan langsung mengenali setiap bagian rumah, tahu tentang jam makannya, bahkan memahami isyarat-isyarat tertentu dari pemiliknya.

Meski setiap kucing memiliki karakteristik yang berbeda-beda, namun semua kucing memiliki takaran tingkat kecerdasan dan nalurinya masing-masing yang luar biasa.

BACA JUGA:Hati-hati, Nabi Muhammad Melarang Umatnya Mencabut Uban, Picu Datangnya Murka Allah

3 Salah satu hewan yang suci dari najis

Kucing juga merupakan salah satu hewan yang suci dari najis. Bahkan, Rasul pernah bersabda di dalam HR Malik bahwa badan, keringat, bekas sisa makanan, dan air liur kucing itu suci. Bahkan, air liurnya itu bersifat menyucikan atau membersihkan.

Hal ini bisa dibuktikan bahwa kucing kerap menjilat bagian tubuhnya. Itu menjadi momen kucing membersihkan badannya dari kotor. Bukan hanya dirinya sendiri, kucing juga membantu menjilati badan kucing lain yang disayanginya, seperti contohnya anaknya.

4. Mampu merawat dirinya sendiri

Fakta bahwa kucing merupakan hewan yang menyukai kebersihan menjadi bukti bahwa ia mampu merawat dirinya sendiri. Pada tubuh kucing pun diketahui terdapat otot yang memiliki fungsi untuk mencegah adanya telur bakteri.

Selain itu, kebiasaan berjemur kucing juga sebenarnya bertujuan untuk menghindari kemungkinan adanya bakteri di tubuhnya, terutama di bulu. Kucing menjadi hewan yang mandiri dalam menjaga dirinya, terutama dalam hal kebersihan.

BACA JUGA:Ketika Mau Sholat, Nabi Muhammad Melarang Umatnya Melakukan Hal Berikut

Kategori :