7 Jenis Tanaman Liar yang Punya Nilai Jual Tinggi, Coba Cek Siapa Tahu Ada Disekitar Rumahmu

Sabtu 27-07-2024,22:34 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 7 jenis tanaman liar yang punya nilai jual tinggi, coba cek siapa tahu ada disekitar rumahmu.

Tanaman liar sering dianggap sebagai gulma dan tidak berguna, sehingga sering dibuang atau diabaikan oleh kebanyakan orang.

Tumbuhan liar kerap dibuang dan diabaikan karena dianggap merugikan atau tidak memiliki manfaat yang signifikan. 

BACA JUGA:Disebutkan Dalam Al Quran, 7 Tanaman Ini Bisa Mengusir Jin dari Rumah

Namun, kita perlu tahu bahwa sejumlah tanaman liar memiliki nilai ekonomis tinggi. Untuk mengetahui jenis tanaman liar yang punya nilai jual tinggi, simak artikel ini hingga akhir ya.

Perlu diketahui bahwa tanaman liar merupakan tumbuhan yang tumbuh di tempat yang tidak diinginkan atau di sekitar halaman rumah. 

Tumbuhan liar biasanya hanya dianggap hama oleh masyarakat setempat, karena keberadaannya seringkali mengganggu tanaman yang dibudidayakan atau merusak estetika halaman. 

BACA JUGA:Catat, Ini 4 Cara agar Tanaman Kopi Cepat Berbuah Lebat, Dijamin Hasilnya Maksimal

Tanaman Liar dengan Nilai Ekonomis Tinggi

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari laman resmi berita.99.co, berikut ini ada 7 jenis tanaman liar yang memiliki nilai jual tinggi:

1. Biji Teratai

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang biji teratai ini. Masyarakat Indonesia hanya menganggapnya sebagai tanaman liar air yang banyak tumbuh di rawa-rawa atau di empang. 

Para peternak ikan seringkali menganggap tanaman ini hanya sebagai semak belukar yang mengganggu kolam peternakan ikan sehingga kerap dibuang begitu saja. Namun ternyata, tanaman ini memiliki harga jual yang cukup tinggi. 

Biji bunga teratai memiliki khasiat yang baik untuk tubuh sehingga kerap dijadikan sebagai bahan obat dan paling banyak diminati perusahaan obat-obatan. 

Oleh sebab itu, biji bunga teratai memiliki harga jual yang cukup tinggi, yakni sekitar Rp30 ribu per kilogram.

Kategori :