Sudah 6 Kali Bantal Canggih Kereta Cepat Whoosh Dicuri, Pengamat Bilang Begini

Minggu 28-07-2024,14:57 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sudah 6 kali bantal canggih kereta cepat Whoosh dicuri, pengamat bilang begini .

Dalam beberapa waktu terakhir, terjadi serangkaian pencurian bantal canggih yang disediakan di Kereta Cepat Whoosh. Bantal-bantal ini didesain dengan teknologi khusus untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan.

BACA JUGA:Waduh! Bantal Canggih Kereta Whoosh Dicuri, PT KCIC Kantongi Profil Pelaku Lewat 44 CCTV

Jelas saja, aksi pencurian bantal dengan teknologi khusus di Kereta Cepat Whoosh terekam CCTV. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) diminta publikasi rekaman CCTV pencurian bantal itu.

"Karena ini sudah ranah kriminal dilaporkan polisi tidak masalah apalagi itu bantal mahal tahan api dan lain-lain, bila perlu CCTV-nya dipublikasikan biar ada jera dihukum oleh masyarakat," ujar Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang kepada wartawan, Sabtu (27/7).

Kemudian, ia mendorong sanksi tegas kepada pencuri bantal kereta cepat Whoosh. Sanksinya yakni pelaku tidak boleh naik kereta cepat Whoosh lagi.

"⁠(Pelaku) diblacklist malah bagus," tutur Deddy.

Deddy menyayangkan pencurian bantal itu. "Selama masih ada masyarakat kita yang masih kleptomania, pencurian apapun di manapun pasti ada," imbuhnya.

BACA JUGA:Bawa Baterai Kendaraan Listrik Dalam Lift, Pria Ini Alami Luka Bakar hingga 90 Persen

Sudah 6 Kali Bantal Canggih Kereta Cepat Whoosh Dicuri

Namun, sayangnya, tindakan pencurian ini telah menjadi perhatian serius bagi PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Pihak KCIC mengungkapkan bahwa hingga Juli 2024, telah terjadi enam kasus hilangnya bantal dari kursi kereta Whoosh. Setiap rangkaian kereta dilengkapi dengan 44 CCTV, yang memungkinkan penelusuran terhadap kasus-kasus ini.

"Sampai Juli 2024, sudah terjadi enam kejadian hilangnya bantal dari kursi kereta Whoosh. Keseluruhan kasus tersebut dapat ditelusuri melalui 44 CCTV yang tersedia pada setiap rangkaian kereta," kata Eva Chairunisa, Corporate Secretary PT KCIC, dalam keterangannya, Sabtu (27/7/2024).

Modus Operandi Pelaku

Berdasarkan hasil penelusuran CCTV, ditemukan bahwa ada oknum penumpang yang dengan sengaja melepas bantal dari sandaran kursi. "Berdasarkan hasil penelusuran CCTV, terdapat oknum penumpang yang memang sengaja melepas bantal dari sandaran kursi. Dari beberapa kasus, terdapat juga oknum yang diduga dengan sengaja mengambil bantal tersebut," imbuh Eva.

BACA JUGA:7 Cara Mudah Berhenti dari Kecanduan Vape, Buktikan Sendiri

Kejadian Terakhir di Kereta Whoosh Nomor G1247

Kejadian pencurian terakhir terjadi pada Juli 2024 di Kereta Whoosh nomor G1247, yang melayani rute Halim-Tegalluar dengan keberangkatan pada 11 Juli 2024.

Ketika kereta berhenti di stasiun akhir, petugas pelayanan di atas kereta melakukan pemeriksaan kebersihan dan barang yang tertinggal. Mereka menemukan bahwa satu buah kursi premium ekonomi di kereta nomor 6 tidak dilengkapi dengan bantal kepala.

Kategori :