Sudah 6 Kali Bantal Canggih Kereta Cepat Whoosh Dicuri, Pengamat Bilang Begini

Minggu 28-07-2024,14:57 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Menindaklanjuti kejadian tersebut, KCIC segera melakukan pemeriksaan CCTV dan penelusuran data penumpang. Identitas penumpang yang diduga terlibat dalam pencurian sudah dikantongi dan akan ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku.

"Saat ini data penumpang sudah didapatkan dan akan ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku," ujar Eva.

Tindakan mencuri bantal dari kereta Whoosh bukan hanya merugikan perusahaan, tetapi juga penumpang lainnya.

BACA JUGA:Penipuan Via Medsos, Warga Kota Bengkulu Tertipu Jual Beli Mobil, Uang Rp 79 Juta Lenyap

Fasilitas bantal disediakan untuk meningkatkan kenyamanan selama perjalanan. Dengan hilangnya bantal-bantal ini, kenyamanan penumpang lain dapat terganggu.

"Tindakan melepas atau mengambil bantal pada kursi kereta berakibat pada rusaknya fasilitas serta berkurangnya kenyamanan penumpang yang dapat membuat penumpang lain tidak bisa menikmati fasilitas ini," jelas Eva.

Selain itu, pencurian bantal juga menyebabkan pengeluaran biaya operasional tambahan bagi KCIC. Perusahaan harus melakukan pengadaan dan penggantian bantal yang hilang, yang seharusnya bisa digunakan untuk peningkatan layanan lainnya.

"Jika bantal pada kursi kereta hilang, maka KCIC perlu melakukan pengadaan dan penggantian bantal yang hilang sehingga terjadi pengeluaran biaya operasional tambahan bagi KCIC yang seharusnya bisa digunakan untuk peningkatan layanan lainnya," tambah Eva.

BACA JUGA:Operasi Patuh Nala 2024 Berakhir, 182 Unit Kendaraan Ditilang Sat Lantas Polres Seluma

Spesifikasi Khusus Bantal

Bantal pada kereta Whoosh didesain dengan spesifikasi khusus dan teknologi tinggi. Selain memberikan kenyamanan, bantal ini juga memiliki bahan yang tahan api, sehingga dalam keadaan darurat, berbagai potensi bahaya dapat diminimalisir. "Bantal serta kursi penumpang memiliki bahan yang tahan api, sehingga dalam keadaan darurat berbagai potensi bahaya dapat diminimalisir," kata Eva.

KCIC mengimbau kepada seluruh penumpang untuk mengikuti aturan dan tidak merusak fasilitas publik seperti melepas bantal pada sandaran kursi kereta. "KCIC mengimbau kepada seluruh penumpang, agar mengikuti aturan dan tidak merusak fasilitas publik seperti melepas bantal pada sandaran kursi kereta.

Seluruh tindakan perusakan fasilitas pada kereta Whoosh dapat dipastikan akan terpantau melalui CCTV," tegas Eva.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang, seluruh area stasiun, rangkaian kereta, dan jalur trase telah dilengkapi dengan CCTV. Secara total, terdapat 1.390 CCTV yang terpasang dalam kondisi baik dan terpantau secara khusus.

Imbauan untuk menjaga fasilitas juga selalu diperdengarkan kepada penumpang saat perjalanan dilakukan. "Saat ini seluruh area stasiun, rangkaian kereta, dan jalur trase telah dilengkapi CCTV. Secara total terdapat 1.390 CCTV yang terpasang dalam kondisi baik serta terpantau secara khusus," jelas Eva.

BACA JUGA:Ciri-ciri Orang Menggunakan Vape, Waspadai Dampak Negatifnya

Kategori :