Fakta Penting di Balik Medali Olimpiade Paris 2024, Benarkah Terbuat dari Emas?

Minggu 28-07-2024,15:26 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Lalu, apa hubungan antara medali Olimpiade ini dengan Menara Eiffel?

Menara Eiffel adalah landmark Pameran Universal tahun 1889. Menara aslinya terbuat dari besi tempa.
Saat Menara Eiffel mengalami renovasi pada abad ke-20, potongan-potongan besi aslinya tetap diawetkan dan disimpan. Potongan-potongan ini membentuk segi enam di tengah medali emas Olimpiade.

Menurut berbagai laporan, setiap medali berisi 0,04 pon potongan besi yang digunakan dalam restorasi Menara Eiffel.
Medali emas, perak, dan perunggu dimulai pada Olimpiade yang diadakan di St. Louis pada tahun 1904.
Diperkirakan 1.011 medali akan dibagikan pada Olimpiade Paris 2024. Ini adalah pertama kalinya sebuah landmark kota bersejarah dimasukkan dalam medali Olimpiade.

Menurut majalah Forbes, medali emas di Olimpiade Paris 2024 bernilai sekitar $950.
Saat upacara medali, emas ini akan dikalungkan di leher atlet pemenang di puncak podium. Atlet tersebut juga akan menerima cinderamata berbentuk maskot Paris 2024.

Lagu kebangsaan negara atlet pemenang kemudian dikumandangkan – sebuah tradisi yang dimulai bagi peraih medali emas pada upacara medali pada tahun 1932.

BACA JUGA:Niat Ingin Cantik, Wanita Muda Tewas Diduga Usai Sedot Lemak di Klinik Kecantikan

Sementara itu, Olimpiade Paris 2024 menyimpan berbagai fakta menarik, salah satu di antaranya kerap menjadi perbincangan hingga sekarang, yakni Prancis melarang atletnya untuk mengenakan hijab.

Tidak hanya itu, ajang yang digelar pada 26 Juli–11 Agustus 2024 ini pun juga menggandeng Louis Vuitton sebagai sponsor utama. Untuk itu, LV menghadirkan banyak hal-hal mengejutkan.

Penasaran? Yuk simak fakta-fakta menarik seputar Olimpiade Paris 2024 yang wajib kamu tahu.

1. Louis Vuitton merancang nampan medali dan peti obor

Brand fashion asal Prancis, Louis Vuitton, punya peran penting pada ajang Olimpiade dan Paralimpiade 2024 sebagai sponsor utama. LV unjuk gigi dengan mendesain nampan medali peti obor.
Dilansir People, nampan tersebut dibuat oleh para perajin Louis Vuitton di wilayah Maine-et-Loire, Prancis.

Nampan tersebut dilapisi kanvas Damier khas LV, yang bagian dalamnya terbuat dari kulit berwarna hitam dan dapat menampung dua hingga enam medali.
Sementara itu, untuk peti obornya, LV terinspirasi oleh Malle Coiffeuse. Peti obor ini dirancang untuk menampung 468 medali.

Tak hanya itu, LV juga merancang seragam pembawa baki medali. Seragam ini Didesain oleh Kaori Moritz-Ishikawa, yang terdiri dari kemeja polo warna putih, celana panjang warna krem, dan topi gavroche putih.

BACA JUGA:Dalih Depresi, Pria Ini Nekat Lakukan Kejahatan, Motifnya Karena Ini

2. Olimpiade berhasil capai kesetaraan gender penuh

Atlet perempuan dan laki-laki yang mengikuti Olimpiade 2024 Paris memiliki jumlah yang sama. Hal itu yang membuat ajang Olimpiade ini berhasil menorehkan sejarah dengan mencapai kesetaraan gender penuh.
Jumlah perebutan medali pun juga dibuat seimbang. Hal tersebut diungkapkan oleh penyelenggara Olimpiade, International Olympic Committee (IOC).

Kategori :