5 Jenis Olahraga Mahal di Indonesia, Nomor 1 Dijuluki 'Old Money'

Senin 29-07-2024,09:21 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Kalau kamu melihat ada seseorang yang bermain golf di pagi hari pada waktu weekdays, dapat dipastikan mereka merupakan orang-orang yang sudah mapan secara finansial.
Golf menjadi pilihan olahraga yang tepat bagi mereka yang sudah memasuki usia dewasa, karena selain bermanfaat untuk melatih fokus dan kekuatan otot, juga memberikan kesempatan untuk bersantai.

Ada beberapa faktor yang membuat golf dianggap sebagai olahraga termahal di Indonesia, termasuk biaya untuk pelatih, caddy golf, peralatan golf, serta perawatan lapangan dan pepohonan yang memerlukan perhatian khusus.

Jika kamu tertarik dan serius dalam olahraga golf, setidaknya kamu harus memiliki peralatan dasar seperti stik golf, tas, sepatu, dan bola. Biaya untuk satu set peralatan ini dapat mencapai kisaran Rp 7 hingga Rp 15 juta atau bahkan lebih, tergantung pada merek dan kualitas peralatan yang dipilih.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Garuda Indonesia Beri Diskon Tiket Pesawat 80 Persen, Catat Tanggal dan Rutenya

3. Diving

Diving termasuk olahraga ekstrim karena merupakan aktivitas penyelaman ke dalam laut. Olahraga ini bermanfaat untuk melatih pernapasan, mendapatkan manfaat vitamin D, melatih kekuatan otot, hingga meredakan stres.

Jika kamu penasaran dengan olahraga diving maka persiapkan budget sekitar Rp 500 lebih per sesi latihan. Sementara itu, apabila kamu serius dan ingin mengambil sertifikasinya, biaya tersebut dapat mencapai Rp 5 jutaan dan meningkat dengan setiap levelnya.

Belum lagi peralatan diving yang dibutuhkan, baik untuk di sewa maupun membeli peralatannya, mulai dari snorkel, mask, tabung oksigen, kaki katak, boots, hingga baju khusus.

Diving juga merupakan olahraga yang beresiko dan memerlukan perawatan kesehatan tambahan jika terjadi kecelakaan atau cedera saat diving, sehingga olahraga ini pantas disebut dengan olahraga termahal di Indonesia.

BACA JUGA:Bengkel Buka 24 Jam di Riau! Solusi Mengatasi Kendaraan Mogok Dimanapun dan Kapanpun

4. Pilates

Pilates seringkali dianggap sebagai olahraga mahal karena memiliki beberapa alasan, yaitu:

- Instruktur pilates yang bersertifikat.
- Fasilitas di studio pilates seperti reformer, cadillac, dan pilates chair yang memerlukan investasi besar untuk membeli dan memeliharanya.
- Kelas kecil atau privat memiliki biaya tinggi karena instruktur lebih memerhatikan detail peserta.
- Penyewaan studio pilates yang sebagian dibebankan pada peserta.

Secara umum, pilates merupakan olahraga yang berfokus untuk memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas serta memperkuat otot tubuh.

Meskipun dianggap sebagai olahraga termahal di Indonesia, manfaat yang diperoleh dari pilates seringkali menarik minat banyak orang. Hal ini membuat banyak orang bersedia membayar harga yang tinggi demi mendapatkan postur tubuh dan kebugaran yang optimal.

Jadi, jika kamu ingin mengikuti olahraga pilates setidaknya persiapkan Rp 200 hingga Rp 300 per sesi. Namun untuk kelengkapan penunjang, kelas privat, dan membership, berada di sekitar Rp 7 juta.

Kategori :