Viral Video CCTV Diduga Teller Bank Dihipnotis Emak-emak, Tukar Uang Rp 600 Ribu Jadi Rp 6 Juta

Senin 29-07-2024,09:32 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

- @hajiazid: "Teller kurang minum kopi dan minum aqua"

- @kiecharito_: "Tellernya yang butuh Aqua kelalaian dia sendiri kok bisa-bisanya dibilang dihipnotis."

- @unjust10: "Itumah kurang fokus aja tellernya."

- @juseunity: "Itumah bukan terhipnotis, tapi kesalahan tellernya ceroboh itu namanya."

Tidak disebutkan secara pasti di mana lokasi bank yang diduga BRI tersebut berada, namun yang jelas, dalam video terlihat suasana bank yang ramai dengan aktivitas pelayanan seperti biasa dan banyak orang yang sedang mengantri.

BACA JUGA:5 Jenis Olahraga Mahal di Indonesia, Nomor 1 Dijuluki 'Old Money'

Hukum yang mengatur kelalaian pegawai bank dapat menggunakan aturan hukum pidana. Jika pegawai bank melakukan kesalahan atau kelalaian yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan, mereka wajib mengganti kerugian tersebut sesuai dengan besarnya nilai kerugian. Hal ini dapat diatur secara tegas dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama

Misalnya, jika seorang pegawai bank melakukan kesalahan input nominal setoran awal, mereka dapat memperbaiki kesalahan tersebut dengan mengganti kerugian yang diderita oleh nasabah.
Selain itu, Pasal 47A UU OJK juga menyatakan bahwa anggota Dewan Komisaris, Direksi, atau pegawai bank yang dengan sengaja tidak memberikan keterangan yang wajib dipenuhi dapat diancam dengan pidana penjara minimal 2 tahun dan maksimal 7 tahun, serta denda minimal Rp4 juta dan maksimal Rp15 juta.

Kejadian ini memunculkan berbagai spekulasi dan perdebatan di kalangan warganet. Beberapa orang berpendapat bahwa teller tersebut mungkin saja melakukan kesalahan akibat kurang fokus atau kelelahan. Sementara yang lain menduga adanya teknik hipnotis yang digunakan oleh emak-emak tersebut untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Benar atau tidaknya, namun, kejadian seperti ini seharusnya menjadi pelajaran bagi para teller bank dan pihak bank secara keseluruhan untuk selalu berhati-hati dan memastikan ketelitian dalam menjalankan tugas mereka.

BACA JUGA:Masih Ingat dengan Ponari? si Dukun Kecil yang Punya Batu Ajaib, Begini Nasibnya Sekarang

Sementara itu, bagi masyarakat yang menyaksikan video tersebut, penting untuk tidak langsung menyimpulkan sesuatu tanpa bukti yang jelas. Menyebarkan spekulasi yang belum tentu benar hanya akan menambah kebingungan dan bisa merugikan pihak yang tidak bersalah.

Jika memang ada kesalahan dari teller, penting untuk segera mengambil tindakan yang tepat. Mengingat bahwa kepercayaan nasabah adalah hal yang sangat penting dalam dunia perbankan, maka transparansi dan penanganan yang baik dari pihak bank akan dihargai oleh nasabah dan masyarakat luas.

Link Video Viral Tersebut

Link video yakni (https://www.instagram.com/reel/C980jT4NSJO/?igsh=NXM1b3cxbzVuc2tj)

Semoga kejadian ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk selalu berhati-hati dan teliti dalam setiap transaksi, baik sebagai nasabah maupun sebagai petugas bank.

Sheila Silvina

Kategori :