Di Balik Melonjaknya Harga Kopi Dunia, Seperti Ini Prediksi Panen Raya Kopi di Indonesia

Senin 29-07-2024,21:22 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Di balik melonjaknya harga-kopi dunia, seperti ini prediksi panen raya kopi di Indonesia.

Harga kopi berjangka melonjak, dengan kopi Robusta di London mengalami kenaikan intraday terbesar sejak 2010 di tengah meningkatnya kekhawatiran atas pasokan dari produsen utama, Vietnam.

Kopi Robusta naik sebanyak 7%, sementara Arabika naik 6%. Harga biji Robusta yang digunakan dalam kopi instan telah melonjak tahun ini karena kekeringan yang merusak produksi di Vietnam, yang merupakan produsen utama, sebelum berangsur membaik awal bulan ini. Hujan telah membantu meningkatkan persediaan, tetapi mungkin masih dibutuhkan lebih banyak lagi.

BACA JUGA:Harga Kopi Robusta dan Arabika Melonjak, Sampai Kapan Harga Kopi Masih Mahal?

Tingginya permintaan untuk biji Robusta juga turut mendorong harga. Biasanya, kenaikan harga Robusta mendorong peralihan ke penggunaan lebih banyak Arabika sebagai campuran, tetapi hal ini tidak terjadi saat ini, kata Andrea Illy, ketua perusahaan pemanggang kopi Italia Illycaffe SpA, dilansir dari bloomberg techno.

"Ini adalah dinamika yang cukup unik di pasar," kata Illy. Dia menambahkan bahwa "untuk jenis olahan tertentu, seperti kopi instan, Robusta lebih penting."

Illy mengatakan perubahan iklim telah membuat pasokan kopi kurang dapat diandalkan, menciptakan "dinamika yang tidak stabil" dalam persediaan biji kopi dan harga dasar yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Kenapa Harga Kopi Bisa Mahal, Ini Beberapa Faktor yang Paling Memengaruhi

Ekspor Robusta dan Arabika dari Brasil - produsen kopi terbesar dunia - kuat, kata analis Rabobank Guilherme Morya dalam sebuah catatan. Namun, ketidakpastian tentang pasokan Robusta Vietnam telah menarik dana lindung nilai (hedge fund) ke pasar dan mendorong naik harga internasional.

Seperti Ini Prediksi Panen Raya Kopi di Indonesia 

Harga biji kopi dunia kian meroket di bulan April 2024. Naiknya harga kopi secara fluktuatif ini, tak hanya terjadi di luar negeri. Di dalam negeri pun meningkat tajam.

Melansir berita portal Vietnam Agriculture, harga biji kopi meningkat tajam di beberapa negara, baik kopi jenis Arabika maupun Robusta. Di Indonesia, belum masuk musim panen raya kopi.

BACA JUGA:Initip Prediksi Harga Kopi di Tahun 2025, Makin Naik Atau Anjlok

Di Vietnam, harga kopi berkisar antara Dong Vietnam (VND) 98.100 - 98.700 per kilogram.

Jika dikonversi ke IDR (1 IDR = 1,567 VDR, maka harga kopi di Vietnam berkisar antara Rp 62.604 - 62.987 per kilogram.

Kategori :