Jadi Gaya Hidup, Ini Beberapa Negara dengan Tingkat Konsumsi Kopi Paling Tinggi di Dunia

Selasa 30-07-2024,08:52 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jadi gaya hidup, ini beberap negara dengan tingkat konsumsi kopi paling tinggi di dunia.

Saat ini kopi menjadi bagian dari trend yang diminati oleh masyarakat, hal tersebut terlihat dari banyaknya coffee shop yang bermunculan dimana-mana, yang mayoritas menyediakan kopi sebagai menu utamanya. Tradisi minum kopi sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, tradisi minum kopi tidak hanya sekedar melepas penat dan dahaga, namun juga untuk menemani aktivitas kehidupan sosial seperti rapat, bisnis, kencan, belajar dsb. 

Hal inilah yang membuat trend minum kopi meningkat tajam dan secara tidak langsung tradisi minum kopi menjadi bagian dari gaya hidup (lifestyle). 

BACA JUGA:Berikut Beberapa Negara yang Menawarkan Harga Kopi Termurah di Dunia, Ramah di Kantong Pelajar

Seiring kopi menjadi gaya hidup, maka hal tersebut diimbangi dengan meningkatnya permintaan kopi, serta munculnya berbagai brand dan coffe shop di sekitar masyarakat. 

Hal tersebut juga mendorong para wirausaha untuk membuka peluang usaha di bidang kopi yang sedang menjadi trend.

Pemaknaan tentang perilaku mengonsumsi kopi setiap peminumnya akan berbeda-beda sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. 

BACA JUGA:Harga Kopi yang Sering Menjadi Indikator Biaya Hidup, Ini Daftar Negara dengan Harga Kopi Termahal di Dunia

Hal ini tentu menimbulkan berbagai perspektif atau pandangan dalam memaknai perilaku minum kopi. Setiap masyarakat ada yang menganggap perilaku minum kopi hanya untuk menunjukkan gaya hidup masyarakat  modern, status sosial yang high class, prestis, mahal dan berkualitas. 

Bahkan banyaknya masyarakat yang memandang kopi bukan sebagai kebutuhan, namun sebuah keinginan untuk menciptakan suatu identitas diri yang diinginkan. Selain itu, juga terdapat masyarakat yang menganggap bahwa perilaku minum kopi adalah suatu hal yang dilakukan untuk mendapatkan ketenangan diri yang dapat merubah suasana hati atau mood.

BACA JUGA:Pasokan Terus Menipis, Harga Kopi Robusta Meroket ke Rekor Tertinggi

Negara dengan Tingkat Konsumsi Kopi Paling Tinggi di Dunia

Melansir Insider Monkey, ada laporan yang memaparkan angka konsumsi kopi dari sejumlah negara di dunia. Data ini juga mengungkap deretan negara yang warganya paling banyak mengonsumsi kopi. Lalu, di mana saja negara tersebut? Berikut daftarnya.

1. Finlandia

Finlandia menjadi negara dengan angka konsumsi kopi tertinggi di dunia, dengan volume rata-rata mencapai 12 kg/26,45 lbs per tahun. Kopi sangat populer di negara ini, dengan konsumen terbesarnya berasal dari pekerja. Bahkan, rata-rata orang Finlandia minum kopi hampir mencapai empat cangkir per hari.

Kategori :