Ada Hujan Meteor Ganda di Indonesia, Kapan Waktu Terjadinya?

Selasa 30-07-2024,09:05 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Waktu Hujan Meteor Ganda Akan Terjadi

Seorang astronom planet di Observatorium Lowell di Arizona, Nicholas Moskovitz, dalam Live Science mengatakan bahwa dua hujan meteor yang mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam adalah kejadian langka alias cukup jarang terjadi. Nah, apakah kamu siap menyaksikannya?

Dijelaskan dalam sumber yang sama, fenomena Southern Delta Aquariids akan mencapai puncaknya pada 29-30 Juli. Sementara itu, Alpha Capricornids akan memancarkan guguran meteor terbanyak pada 30-31 Juli.

Untuk waktu spesifiknya, berbagai sumber mengatakan bahwa waktu terbaik buat menonton keduanya adalah sebelum fajar. Moskovitz mengatakan bahwa pukul 02.00-04.00 merupakan waktu terbaik. Meski demikian, sebetulnya hujan meteor ini sudah bisa disaksikan sekitar pukul 21.00 waktu setempat.

BACA JUGA:Jadi Gaya Hidup, Ini Beberapa Negara dengan Tingkat Konsumsi Kopi Paling Tinggi di Dunia

Penampakan Hujan Meteor 'Ganda' Juli

Penampakan hujan meteor 'ganda' ini paling baik dilihat di belahan bumi selatan di mana pancaran cahaya, atau titik terang asal hujan meteor, akan berada hampir di atas kepala. Sementara di belahan bumi utara juga dapat melihat hujan meteor jika ada pemandangan yang jelas di ufuk selatan.

Saat puncaknya, akan ada sekitar 20 hingga 25 meteor Southern Delta Aquariids per jam, dan akan tampak sangat redup. Sementara Hujan meteor Alpha Capricornids jauh lebih jarang terjadi, namun tampak lebih terang.

Cara Menyaksikan Hujan Meteor Ganda

Tertarik menyaksikan hujan meteor ganda? Bisa siap-siap dari sekarang, nih. Faktanya, kedua hujan meteor tersebut dikatakan paling bersinar jika dilihat dari Bumi bagian selatan. Artinya, kamu bisa menikmatinya tanpa alat bantu sekalipun.

Meski demikian, pengaruh cahaya bulan mungkin menyebabkan jumlah guguran meteor yang disaksikan jadi lebih sedikit. Belum lagi kalau kamu berada di perkotaan yang dipenuhi dengan cahaya lampu.

Untuk bisa menyaksikannya dengan jelas tetap disarankan menggunakan teleskop, ya. Jika ingin stargazing, usahakan datang ke tempat gelap dengan pencahayaan minim. Ada baiknya pergi pula ke tempat terbuka sehingga jarak pandangmu lebih luas.

Hujan meteor ganda ini jadi fenomena menarik untuk disaksikan. Jadi, jangan sampai melewatkannya.
Selain hujan meteor ganda, masih banyak jenis hujan yang lainnya.

BACA JUGA:Berikut Beberapa Negara yang Menawarkan Harga Kopi Termurah di Dunia, Ramah di Kantong Pelajar

Jenis-jenis Hujan

Berikut ini jenis-jenis hujan dan penjelasannya:

Kategori :