Lebih 7.000 Warga Brasil Terkena Virus Oropouche, Ini Penyebab dan Proses Penyebarannya

Rabu 31-07-2024,08:40 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Lebih 7.000 warga Brasil terkena virus-oropouche, ini penyebab dan proses penyebarannya.

Selama tahun 2024, lebih dari 7.200 kasus penyakit demam Oropouche  yang tercatat di 20 negara bagian. Sebagian besar di Amazonas, Rondonia, dan negara bagian di Amazon, Brasil.

Kementerian Kesehatan Brazil mengkonfirmasi dua warganya meninggal akibat virus Oropouche. Kedua kasus tersebut menjadi kasus perdana di dunia yang tercatat dalam literatur ilmiah dunia. 

BACA JUGA:Heboh Wabah Virus Oropouche Hingga Picu Kematian di Brasil, Ketahui Tentang Virus Oropouche

Korban merupakan dua perempuan berusia di bawah 30 tahun yang bertempat tinggal di negara bagian Bahia. Keduanya dinyatakan tidak memiliki penyakit bawaan (komorbid). Artinya korban meninggal murni karena virus Oropouche.

Demam Oropouche ditularkan oleh nyamuk Culicoides paraenses atau masyarakat lokal Brasil disebut nyamuk maruim. Gejala demam ini mirip dengan demam berdarah (DBD) dan Chikungunya.

BACA JUGA:Bukan Peluru dan Roket, Israel Diserang Virus Mematikan dan Belum Temukan Obatnya, Bagaimana Penularannya?

Mengutip Agência Brasil, pihak berwenang tengah menyelidiki kematian lain di negara bagian Santa Catarina, Brasil Selatan apakah disebabkan oleh virus Oropouche atau tidak. 

Pihak kepolisian juga memeriksa empat kasus keguguran dan dua kasus mikrosefali pada bayi di Pernambuco, Bahia, dan Acre apakah ada kaitannya dengan virus Oropouche.

Penyebab Virus Oropouche

Virus oropouche adalah virus RNA yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Culicoides paraensis, yang berkembang biak di daerah berawa dan hutan hujan tropis. Nyamuk ini merupakan vektor utama penyebaran virus, yang dapat menginfeksi manusia dan hewan seperti monyet dan burung, yang berfungsi sebagai reservoir alami.

Pencegahan infeksi sangat bergantung pada pengendalian populasi nyamuk dan menghindari gigitan nyamuk. 

BACA JUGA:100 Orang Terinfeksi, Ini Pengobatan dan Pencegahan Virus West Nile

Kesadaran masyarakat tentang risiko dan langkah-langkah pencegahan sangat penting, terutama di daerah yang rentan terhadap wabah. Dengan meningkatnya perhatian terhadap virus ini, upaya pengawasan epidemiologi dan pengendalian vektor harus ditingkatkan untuk mencegah penyebarannya lebih lanjut.

Kesadaran masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus oropouche tidak bisa diabaikan. Kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam mengendalikan vektor penyakit ini sangat krusial, terutama di daerah yang rentan. 

Kategori :