Sebelum Berinvestasi, Ini Cara Cek Kurs Valuta Asing dan Pilihan Mata Uangnya, Wajib Dipahami

Rabu 31-07-2024,12:10 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sebelum berinvestasi, ini cara cek Kurs valuta asing dan pilhan mata uangnya, wajib dipahami.

Saat ini ada banyak macam investasi, salah satunya Kurs valuta asing atau disingkat Valas.

Varas merupakan perbandingan nilai atau harga antara mata uang asing yang dinyatakan atau ditukarkan dengan nilai mata uang dalam negeri.

BACA JUGA:GBI CK 7 Buka Suara Atas Video Heboh Dugaan Penyalahgunaan Dana Jemaat Gereja yang Disetor ke Indosurya

Bagi Anda yang sedang ingin mencoba terjun ke dunia investment di Indonesia, bisa memulainya dengan investasi valas.

Selain investasi ini cukup mudah, bisa juga bermanfaat saat Anda bepergian ke luar negeri. Namun sebelum memulai investasi valas, cari tahu lebih dalam mulai dari pilihan mata uangnya hingga cara memahami kurs valuta asing sebagai kunci terjun di investasi ini.

BACA JUGA:Daftar Rokok Paling Mahal di Indonesia 2024, Nyaris Rp 50 Ribu Per Bungkus

Pilihan Mata Uang untuk Berinvestasi

Hal pertama yang ada di benak ketika berbicara tentang investasi valas tentu adalah mata uang. Ada banyak opsi mata uang yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi.

Walaupun Anda bebas menentukan mata uang mana yang Anda pilih, namun jika masih tergolong pemula dalam investasi valas, ada baiknya Anda memilih mata uang yang stabil secara umum.

Salah satu pilihannya adalah Dolar AS (USD). Dolar AS adalah mata uang paling berpengaruh di dunia dan dianggap paling kuat stabilitasnya. Rate USD to IDR juga sering digunakan dalam berbagai aktivitas keuangan utama di Indonesia. Harga tinggi jika dijual ke Rupiah merupakan nilai tambahnya selain fakta bahwa USD sulit mengalami penurunan nilai.

Selain Dolar AS, pilihan lain yang juga difavoritkan oleh para investor valuta asing adalah Euro, Poundsterling, Yen, serta Dolar Singapura.

Euro merupakan mata uang paling berpengaruh kedua setelah Dolar AS karena mata uang ini digunakan oleh negara-negara di Eropa. Poundsterling Inggris juga baik untuk investasi. Bahkan di dunia forex, Poundsterling banyak diperdagangkan karena potensi keuntungan yang tinggi.

BACA JUGA:Tampil Menggebrak di GIIAS 2024, All New Triton Jadi Primadona, Cek Harganya

Hanya karena mata uang tersebut banyak jadi favorit, bukan berarti Anda tak boleh mengincar mata uang lainnya. Banyak investor valas yang juga melirik mata uang lain, tentu dengan alasan dan strategi investasi yang beragam.

Kategori :