Sebelum Berinvestasi, Ini Cara Cek Kurs Valuta Asing dan Pilihan Mata Uangnya, Wajib Dipahami

Rabu 31-07-2024,12:10 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Jadi, jika Anda sudah memahami valas, tak ada salahnya investasi pada mata uang ringgit, bath, atau lainnya.

Pahami Beda Kurs Jual dan Kurs Beli

Dalam dunia investasi valuta asing, istilah ‘Kurs Jual’ dan ‘Kurs Beli’ pasti akan akrab di telinga Anda. Sebagai pemula, Anda wajib memahami dengan baik kedua istilah tersebut. Kurs Jual adalah kurs yang digunakan jika Anda akan menukarkan rupiah dengan mata uang asing.

Sementara Kurs Beli adalah kurs yang digunakan saat Anda hendak menukarkan mata uang asing dengan rupiah.

BACA JUGA:Harga Sawit di Sumatera Selatan, Ditetapkan Naik Periode 31 Juli 2024, Segini Angka Kenaikannya

Cara Cek Kurs Mata Uang

Mengingat begitu pentingnya kurs mata uang asing dalam investasi valuta asing, maka sudah sewajarnya jika Anda secara rutin memeriksa kurs mata uang yang terlibat dalam investasi Anda.

Untuk hal ini, ada beragam cara cek kurs mata uang yang bisa Anda gunakan, meliputi:

1. Memanfaatkan mesin pencari di browser

Cara paling sederhana dan sudah pasti tersedia selama Anda terkoneksi ke internet adalah dengan memanfaatkan mesin pencari pada browser Anda.

Entah melakukannya di PC, laptop, tablet, ataupun smartphone, umumnya browser sudah tersedia dan Anda tinggal mengetikkan alamat mesin pencari favorit Anda. Caranya pun mudah, cukup ketik mata uang mana beserta nilainya.

2. Menggunakan aplikasi di smartphone

Cara kedua ini pun tak kalah mudah. Cukup pasang aplikasi currency converter dan Anda bisa langsung mencari mata uang yang ingin Anda tahu kursnya.

BACA JUGA:Tampil Menggebrak di GIIAS 2024, All New Triton Jadi Primadona, Cek Harganya

3. Mengunjungi website resmi bank

Jika Anda ingin informasi yang lebih lengkap seputar kurs mata uang asing, mengunjungi website resmi sebuah bank adalah langkah yang tepat. Anda bisa mengecek kurs mata uang asing di website HSBC untuk mendapatkan informasi lengkap kurs mata uang asing dunia secara real-time. Ada kurs jual dan beli mata uang Euro ke Rupiah, bahkan info kurs ringgit hari ini juga tersedia.

Kategori :