9 Dampak Susu Formula untuk Bayi 0-6 Bulan, Bisa Picu Infeksi Saluran Pernafasan

Kamis 01-08-2024,09:43 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

7. Menyebabkan Penyakit Tekanan Darah Tidak Normal

Konsumsi susu formula seperti dijelaskan sebelumnya dapat memacu kerja jantung. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tidak normal. Tekanan darah yang tidak normal ini dapat membahayakan kesehatan bayi.

Oleh sebab itu, konsumsi susu formula harus benar-benar ditinggalkan jika memang tidak diperlukan dan dalam kondisi mendesak. Tubuh bayi masih sangat rentan dan mudah terserang penyakit.

Selanjutnya, dampak dari pemberian susu formula pada bayi 0-6 bulan juga dapat ditunjukkan oleh munculnya karies gigi. Karies gigi merupakan akibat dari penumpukan gula pada gigi susu bayu. Gula berjenis laktosa dan sukrosa adalah jenis gula yang terkandung dalam susu. Jika menempel pada gigi bayi, maka karies gigi pun dapat menyebabkan gigi bayi sakit dan rusak.

BACA JUGA:Picu Perdebatan Warganet, Pria Ini Izinkan Istri Punya Banyak Pacar dan Tinggal Serumah!!!

8. Memungkinkan Kematian Pada Bayi

Tidak banyak yang mengetahui bahwa susu formula yang diberikan pada bayi di usia 0-6 bulan dapat menyebabkan kematian. Hal ini nyata dan telah menjadi penemuan dari suatu penelitian, bahwa bayi yang mengonsumsi susu formula dapat mengalami kematian akibat dari resiko mortalitas yang meningkat.

Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang terjadi pada bayi yang mengonsumsi ASI dan peluang hidupnya menjadi lebih tinggi.

9. Menghambat Kecerdasan Kognitif Maksimal

Kecerdasan kognitif maksimal seorang bayi dapat dimiliki dengan memberikan asupan ASI eksklusif sejak lahir hingga minimal 6 bulan usianya.

Informasi ini sudah banyak diketahui, namun masih saja sulit untuk direalisasikan. Masih banyak kondisi dan situasi dimana menyebabkan ibu tidak bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Asupan pada bayi pun ditambahkan dengan susu formula. Hal ini ternyata memberikan dampak terhambatnya perkembangan kecerdasan kognitif bayi Anda.

Demikian mengenai 9 dampak susu formula untuk bayi umur 0-6 bulan yang perlu diketahui para orang tua. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Kategori :