Ini 3 Pantangan Setelah Minum Madu yang Wajib Diketahui dan Dihindari

Sabtu 03-08-2024,05:48 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Untuk mengobati sakit tenggorokan, Anda dapat mengonsumsi satu sendok makan madu sebanyak dua kali sehari. Anda juga dapat mencampurkan madu dengan air lemon atau teh hangat. Minumlah secara perlahan untuk melegakan tenggorokan yang terasa sakit.

BACA JUGA:Berlaku Mulai Hari Ini, Pemohon Pembuatan SKCK Harus Terdaftar dan Lampirkan BPJS Kesehatan

Efek Samping Minum Madu

Madu aman dikonsumsi oleh sebagian orang. Akan tetapi, madu juga bisa menimbulkan efek samping. Berikut efek samping minum madu yang mungkin terjadi:

1. Risiko Terkena Botulisme

Madu tidak boleh diberikan ke anak-anak di bawah usia 12 bulan (1 tahun). Hal ini karena madu bisa mengandung endospora botulinum yang menyebabkan botulisme pada bayi.

Botulisme sendiri merupakan jenis keracunan makanan serius tapi jarang terjadi. Bayi yang terkena botulisme dapat mengalami lumpuh.

BACA JUGA:5 Instansi yang Sepi Peminat CPNS 2024, Ini syarat dan Cara Daftar CPNS 2024 Terbaru

2. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Konsumsi madu dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2. Itu lantaran madu mengandung tinggi gula dan harus diminum secukupnya saja.

3. Menimbulkan Perih Saat Digunakan Topikal

Madu yang dioleskan langsung ke luka dapat menimbulkan sensasi perih tapi hanya sementara. Bila dioleskan di luka terbuka pasien diabetes, madu juga berisiko meningkatkan kadar glukosa darah.

BACA JUGA:Peringatan Dini BMKG Bencana Hidrometeorologi Bagi 16 Provinsi dan 34 Kabupaten di Indonesia

4. Muncul Reaksi Alergi

Alergi akibat madu cukup jarang terjadi. Meski begitu jika kamu punya alergi terhadap bee pollen, reaksi seperti gatal-gatal atau sebagainya mungkin bisa muncul.

5. Menyebabkan Komplikasi

Kategori :