Ini Jalur yang Bakal Dilintasi Tamu VVIP Sambut 17 Agustus 2024 di IKN

Sabtu 03-08-2024,09:29 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini jalur yang akan dilintasi tamu VVIP sambut 17 Agustus 2024 di IKN.

Sudah memasuki bulan Agustus, artinya kita berada di bulan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

Untuk tahun 2024 ini, perayaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-79 akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rachman Arief, mengumumkan bahwa infrastruktur penghubung di IKN sudah siap untuk menyambut upacara HUT ke-79 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2024.

BACA JUGA:Redmi Pad SE 4G Resmi Meluncur dengan Harga Murah dan HyperOS! Ini Spesifikasi Lengkapnya

"Secara prinsip, dari sisi konektivitas kita sudah siap mendukung perayaan 17 Agustus nanti," ujar Rachman saat ditemui di Menara Pandang, Jalan Sumbu Barat, IKN. 

Infrastruktur yang dimaksud meliputi jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan kawasan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

Pembangunan infrastruktur di IKN yang merupakan kewenangan Kementerian PUPR terus dikerjakan demi akselerasi mencapai target penyelesaian sebelum upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2024.

BACA JUGA:Resmi Dilucurkan POCO M6 Plus, Ini Spesifikasi dan Harganya, Cek Jadwal Rilis di Indonesia

Salah satu proyek penting adalah pembangunan jalan tol yang menjadi akses utama menuju IKN. Jalan tol ini mencakup tiga segmen utama: Jalan Tol IKN 3A Segmen Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer, Jalan Tol IKN 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 kilometer, dan Jalan Tol IKN 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 kilometer. 

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menyatakan bahwa para tamu VVIP peserta upacara 17 Agustus 2024 akan melintasi jalan tol ini.

BACA JUGA:Begini Kronologis Anggota Polisi Gugur saat Upaya Penangkapan Pelaku Kejahatan, 2 Pelaku Akhirnya Tewas

Skenarionya adalah dari Bandara Sepinggan menuju Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), kemudian melalui Tol IKN Seksi 3A, 3B, dan keluar di Jembatan Pulau Balang.

"Total panjang jalur yang dihitung dari titik awal keberangkatan adalah sekitar 90 kilometer," jelas Hedy. 

Hingga saat ini, data yang diperoleh dari Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, menunjukkan bahwa progres Jalan Tol IKN 3A Segmen Karangjoang-KKT Kariangau telah mencapai 70,9 persen. 

Kategori :