Ini Jalur yang Bakal Dilintasi Tamu VVIP Sambut 17 Agustus 2024 di IKN

Sabtu 03-08-2024,09:29 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

Sementara itu, Jalan Tol IKN 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung telah berkembang hingga 70 persen, dan Jalan Tol IKN 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang menunjukkan progres sebesar 77,8 persen.

BACA JUGA:Prediksi Cuaca 3 Agustus 2024, Apakah Masih Terjadi Hujan Lebat?

Adapun Jalan Tol IKN 1 Segmen Sepinggan-Tol Balsam, saat ini masih dalam tahap pengadaan lahan.

"Iya, saat ini masih dalam proses pengadaan lahan," tuntas Hedy. Pemerintah memastikan bahwa bandara dan jalan tol sudah siap digunakan untuk menyambut upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. 

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, bandara dan jalan tol diperkirakan bisa difungsionalkan pada Juli 2024. 

"Akomodasi Insya Allah sudah siap. Karena nanti bandara kepastiannya akhir Juli akan dipastikan fungsionalnya bandara. Jalan tol juga Insya Allah sudah aman. Tapi nunggu sampai akhir Juli," jelas Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

BACA JUGA:BMKG Keluarkan Peringatan Dini 3-4 Agustus 2024, Ini Wilayah yang Diprediksi Alami Cuaca Esktrem

Dia juga menyampaikan bahwa pembangunan jalan tol dan Bandara IKN saat ini sudah mencapai 90 persen. Muhadjir membantah bahwa pembangunan Bandara VVIP IKN dilakukan secara terburu-buru. "Enggak buru-buru lah, sudah disiapkan lama kok itu (bandara)," ujar dia. 

Menko Muhadjir juga menuturkan bahwa nantinya para duta besar negara sahabat yang akan hadir dalam upacara HUT ke-79 RI di IKN tidak akan menginap.

Mereka akan langsung kembali ke Jakarta setelah menghadiri upacara di IKN. "Ada kemungkinan duta besar juga nanti di IKN dan tidak menginap, jadi langsung upacara terus balik," tutur Muhadjir.

Sementara itu, pemerintah masih membahas apakah mantan presiden dan wakil presiden akan hadir dalam upacara di IKN atau di Istana Merdeka Jakarta. 

BACA JUGA:Prediksi Cuaca 3 Agustus 2024, Ini Beberapa Daerah Diprakirakan Alami Hujan Lebat

Sebab, pemerintah akan menggelar upacara HUT ke-79 RI di dua lokasi, yakni IKN dan halaman Istana Merdeka. 

"Itu tadi masih diusulkan, Pak Presiden merekomendasikan pokoknya diberikan perhatian pada tokoh-tokoh tersebut, apakah di sini atau di IKN, itu belakangan," pungkas Muhadjir.

Untuk menambah kemeriahan, pemerintah juga berencana mengadakan berbagai kegiatan pendukung dalam rangka HUT ke-79 RI.

Kegiatan-kegiatan ini akan melibatkan masyarakat setempat dan akan diselenggarakan di berbagai lokasi di sekitar IKN. 

Kategori :