Sah! BI Luncurkan QRIS Tap Berbasis NFC, Begini Cara Penggunaannya

Minggu 04-08-2024,09:56 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Jika QRIS berbasis QR Code berorientasi pada kode tunggal yang dimiliki oleh pedagang sebagai identitas transaksi, QRIS Tap lebih berorientasi pada identitas ponsel atau rekening pembeli sebagai tanda pengenal untuk melakukan transaksi.

"Ini pendekatannya adalah customer presented code," jelas Dicky.

Teknologi NFC yang digunakan dalam QRIS Tap sudah banyak terdapat pada ponsel pintar. Dengan QRIS Tap, tidak perlu lagi memindai kode QR secara manual, sehingga mengurangi waktu dan kesalahan dalam proses pembayaran.

Manfaat Penggunaan

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan QRIS Tap:

1. Kecepatan dan Kemudahan Transaksi

QRIS Tap menawarkan kecepatan dan kemudahan dalam bertransaksi. Pengguna hanya perlu menempelkan ponsel yang dilengkapi fitur NFC pada alat pembayaran yang mendukung QRIS Tap.
Proses ini lebih cepat dibandingkan memindai kode QR secara manual, mengurangi waktu tunggu dan antrian di kasir.

2. Pengurangan Kesalahan Transaksi

Tidak perlu memindai kode QR atau memasukkan jumlah pembayaran secara manual. Hanya dengan menempelkan ponsel, sistem akan secara otomatis memproses pembayaran dengan cepat dan akurat, mengurangi kemungkinan kesalahan input.

BACA JUGA:Deddy Corbuzier Disemprot Alvin Lim, Sindir Sering Bungkam Soal Isu Korupsi

3. Keamanan Transaksi

QRIS Tap menawarkan tingkat keamanan tinggi dalam setiap transaksi. Teknologi NFC memiliki lapisan keamanan tambahan yang melindungi data pengguna.

Selain itu, transaksi melalui QRIS Tap dilengkapi dengan enkripsi, menjaga informasi sensitif tetap aman dan tidak mudah diakses pihak yang tidak berwenang.

4. Kemudahan Integrasi dengan Berbagai Layanan Keuangan

QRIS Tap memungkinkan integrasi mudah dengan berbagai layanan keuangan dan aplikasi dompet digital. Pengguna dapat dengan mudah menghubungkan akun bank atau dompet digital mereka dengan QRIS Tap, memudahkan pengelolaan keuangan secara keseluruhan.

5. Mendorong Adopsi Pembayaran Digital

Kategori :