Terungkap, Ternyata Ini Penyebab Turki Sudah Dua Hari Blokir Instagram

Minggu 04-08-2024,11:32 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Terungkap, ternyata ini penyebab Turki sudah dua hari blokir Instagram.

Dunia maya dihebohkan dengan kabar jika Turki memblokir akses ke jaringan media sosial Instagram pada Jumat (2/8).

BACA JUGA:Heboh! Kepergok Mencuri Barang di Masjid, Pelaku Ancam Warga Pakai Parang

Pemblokiran tersebut ternyata bukan tanpa sebab, itu menyusul tuduhan penyensoran terhadap perusahaan Amerika Serikat tersebut dari seorang pejabat tinggi Turki.

Diketahui, banyak pengguna yang tinggal di Turki mengeluh di platform X bahwa mereka tidak dapat menyegarkan umpan Instagram mereka. Otoritas komunikasi BTK mengumumkan di situs webnya bahwa platform milik Meta telah diblokir.

Pihak BTK tidak memberikan alasan, namun seorang pejabat BTK mengatakan kepada media Turki bahwa hal tersebut terjadi karena konten kriminal di Instagram sehingga pihak BTK diminta untuk menarik akunnya.

Direktur komunikasi presiden, Fahrettin Altun menuduh Instagram melakukan kecaman dengan mengatakan Instagram mencegah orang-orang untuk menerbitkan pesan belasungkawa untuk Ismail Haniyeh.

Kepala Politik Hamas itu yang merupakan sekutu dekat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, tewas di Teheran pada hari Rabu dalam serangan yang disalahkan pada Israel.

Erdogan menetapkan hari berkabung nasional untuk mengenang Haniyeh, yang memainkan peran penting dalam pembicaraan yang bertujuan untuk mengakhiri perang selama hampir 10 bulan di Gaza.

"Ini adalah upaya kecaman yang sangat jelas dan nyata," kata Altun di X, dilansir dari CNA, Sabtu (3/8).

BACA JUGA:Heboh! Kepergok Mencuri Barang di Masjid, Pelaku Ancam Warga Pakai Parang

Sumber anonim BTK membantah bahwa tindakan tersebut disebabkan oleh pemblokiran unggahan tentang Haniyeh oleh Instagram, dan mengatakan kepada situs web Medyascope tindakan tersebut dilakukan atas penghinaan terhadap Ataturk, bapak pendiri Turki modern, dan kejahatan termasuk jaringan narkoba juga pedofilia.

Ia mengatakan platform tersebut akan diblokir secara permanen jika masalah tersebut tidak diselesaikan. Pakar hukum digital Yaman Akdeniz mengatakan keputusan itu kemungkinan diambil oleh kantor presiden atau kementerian Turki.

Ia mengatakan BTK perlu mendapatkan persetujuan hakim atas keputusan tersebut, dan kecil kemungkinan hakim akan menyetujuinya.

"Kecaman yang dijatuhkan pada Instagram bersifat sewenang-wenang dan tidak dapat dijelaskan atau dibenarkan," katanya di X.

Kategori :