Cegah Paparan Sinar UV Berlebihan, Ini 8 Bahan Alami Pengganti Sunblock Gak Pake Mahal

Senin 05-08-2024,08:46 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

• Kanker kulit

Paparan sinar UV berlebih merupakan salah satu penyebab paling umum dari kanker kulit, terutama jenis kanker karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Biasanya, sel kanker terbentuk di bagian tubuh yang memang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, dan tangan.

Jika tidak segera ditangani, kanker dapat menyebar ke bagian kulit lain dan bahkan organ dalam tubuh. Meski jarang terjadi, kondisi ini tergolong berbahaya dan dapat mengancam nyawa.

BACA JUGA:Jangan Coba 10 Cara Alami Ini Kalau Tidak Mau Masalah Wajah Berminyak Hilang dalam Sekejab

Bahan Alami Pengganti Sunblock Gak Pake Mahal

Sun Block atau tabir surya merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk melembabkan dan melindungi dari sinar UV yang dapat menyebabkan penggelapan kulit, munculnya flek hitam, penuaan dini dan warna kulit tidak merata. 

Berikut bahan alami pengganti Sun block yang dapat anda coba:

1. Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin A, yaitu bahan alami yang juga dapat digunakan sebagai tabir surya untuk kulit Anda. Untuk membuatnya, cukup campurkan satu wortel tumbuk dengan 3 sendok teh madu, 5 sendok teh minyak zaitun, dan 2 sendok teh jus lemon. Lalu campur dan aduk hingga rata dan simpan dalam wadah kedap udara.

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Efek Samping Minum Air Galon Isi Ulang

2. Minyak kelapa dan alpukat

Alpukat dan minyak kelapa diketahui mengandung berbagai vitamin yang memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Yang Anda perlukan untuk membuat tabir surya dari kedua bahan tersebut adalah 3 sendok makan minyak alpukat dan 3 sendok makan minyak kelapa. Lalu tinggal campurkan kedua bahan tersebut dan simpan di lemari es.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal dengan berbagai manfaatnya. Minyak zaitun tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga dapat digunakan untuk merawat dan melindungi kulit dari sinar matahari. Antioksidan yang dikandungnya juga dikatakan berhasil mencegah radikal bebas.

4. Minyak jojoba

Minyak jojoba bersama dengan minyak zaitun juga dikenal sebagai minyak yang melembabkan kulit tubuh. Selain memiliki sifat melembabkan, minyak jojoba juga dapat digunakan sebagai pengganti tabir surya pada kulit. Kaya akan vitamin E yang dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk kulit Anda.

Kategori :