Misteri Terowongan Rahasia di Danau Singkarak, Konon Berbau Mistis

Senin 05-08-2024,14:02 WIB
Reporter : Tianiz Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Misteri terowongan rahasia di Danau Singkarak, konon berbau mistis.

Danau Singkarak adalah sebuah danau yang membentang indah di dua kabupaten yang berada di kawasan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kedua kabupaten tersebut adalah Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, yang sama-sama terletak di Sumatera Barat.

BACA JUGA:Dibalik Pesona Indahnya, Ini Wujud Sosok Penunggu Danau Ranau di Sumatera Selatan

Keindahan alam Danau Singkarak telah lama menjadi daya tarik wisatawan, tetapi selain pesona alamnya, danau ini juga memiliki sejumlah fakta menarik dan misteri yang belum terpecahkan. Cerita-cerita mengenai Danau Singkarak tidak hanya menambah daya tarik wisatawan tetapi juga menunjukkan betapa kayanya budaya dan warisan lokal.

Keindahan dan misteri yang menyelimuti danau ini menjadikannya destinasi wisata yang tidak hanya memanjakan mata tetapi juga memicu rasa ingin tahu dan imajinasi para pengunjung.

Salah satu misteri yang masih diyakini oleh masyarakat setempat adalah adanya terowongan rahasia yang menghubungkan Danau Singkarak dengan Danau Maninjau.

Meski belum ada bukti ilmiah yang mengkonfirmasi keberadaan terowongan ini, cerita tersebut tetap hidup dan menjadi bagian dari budaya lokal.

Penduduk setempat bahkan percaya bahwa pernah ada seseorang yang tenggelam di Danau Singkarak dan jasadnya ditemukan di Danau Maninjau, yang memperkuat mitos terowongan rahasia tersebut.

BACA JUGA:Bawa Kabur Mobil, Bocah Kelas 1 SD Tabrak Sejumlah Kendaraan, Begini Kronologinya

Danau Singkarak sendiri merupakan danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba, dengan luas sekitar 107,8 km² dan berada pada ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut.

Dengan ukurannya yang luas dan keindahan alam yang menakjubkan, tidak mengherankan jika Danau Singkarak menjadi salah satu tempat wisata kebanggaan warga Sumatera Barat.

Selain misteri terowongan rahasia, ada juga fakta mencengangkan lainnya mengenai Danau Singkarak.
Dikutip dari chanel YouTube Creatuve Hamdi, Danau Singkarak juga memiliki Misteri terowongan rahasia di danau singkarak.

Menurut cerita yang berkembang, di dasar danau ini terdapat terowongan yang menembus Gunung Merapi. Terowongan ini disebut-sebut sebagai terowongan terpanjang di Indonesia. Pada tahun 1992, Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangun terowongan sepanjang 19 kilometer yang digunakan untuk memutar turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Singkarak di Asam Pulau, Lubuk Kalung, Kabupaten Padang Pariaman.

Terowongan ini memiliki kapasitas 175 megawatt dan mulai beroperasi pada tahun 1998. Menembus Gunung Merapi, terowongan ini menjadi saluran pembuangan air kedua dari Danau Singkarak yang bermuara ke pantai barat Samudera Hindia.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini, Senin 5 Agustus 2024, Siapa Paling Beruntung?

Kategori :