Jelang HUT RI ke-79, Harga Sewa Aplhard di IKN Melejit hingga 100 Persen, Ini Penyebabnya

Selasa 06-08-2024,20:46 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Semua jalan menuju Istana Negara dan Istana Garuda telah diperkeras dengan aspal sepanjang 1.260 meter.

"Istana Negara, lapangan upacara, serta podiumnya telah siap untuk digunakan dalam acara upacara 17 Agustus. Infrastruktur di Istana Negara telah dipersiapkan dengan baik, dan progres pembangunan Istana Garuda juga sudah mencapai 95 persen. Saat ini, keduanya sedang dalam tahap pemasangan furniture, dan diharapkan semuanya akan bersih dan rapi pada tanggal 10 Agustus," jelas Basuki.

BACA JUGA:Pelatih Renang Ditangkap dan Jadi Tersangka, Kapolres: Guru Renang Wanita Itu Ditendang 3 Kali dan Pingsan

Plaza Seremoni

Plaza Seremoni akan digunakan di area Ceremonial Lawn, yang mencakup Visitor Center, Amphitheater, Forest Trail, toilet umum, dan Retail/Galeri untuk UMKM.

Tempat ini akan mampu menampung tamu undangan dan panitia pendukung dengan nyaman. Di Kawasan Beranda Nusantara, akan ada Memorial Park/Taman Kusuma Bangsa yang digunakan untuk kegiatan Renungan Suci.

Selain itu, ada juga Sayap Garuda, Gedung Beranda, Monumen Tiang Bendera, dan Gedung Parkir. Semua ini diharapkan siap digunakan pada tanggal 11 Agustus 2024. 

Selanjutnya, dari 4 Kantor Kementerian Koordinator yang ada, masing-masing memiliki 4 tower, sehingga total ada 16 tower.

Pada saat upacara nanti, akan difungsikan 7 tower. Tower-tower tersebut terdiri dari Koordinator 1 (1 tower), Koordinator 2 (1 tower), Koordinator 3 (2 tower), dan Koordinator 4 (3 tower).

BACA JUGA:Aksi Geng Motor Keroyok hingga Bacok 9 Anggota TNI, Begini Kondisi Korban

Setiap tower akan berfungsi sebagai tempat bagi ASN dan petugas upacara, dengan 2-3 lantai yang tersedia. Selain itu, terdapat juga hunian untuk ASN yang akan difungsikan.

Minimal 8 tower akan disediakan lengkap dengan furniture, air, dan listrik. Setiap tower terdiri dari 60 unit hunian dengan luas 98 m2, dan setiap hunian memiliki 3 kamar. Selain itu, terdapat juga 14 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri yang sudah dilengkapi dengan meubel dan air.

Semua ini merupakan upaya untuk memastikan bahwa semua fasilitas yang diperlukan dalam acara tersebut sudah siap dan dapat digunakan dengan nyaman.

BACA JUGA:Keren, BRI Kembali Jadi Sponsor Utama Liga 1 2024-2025, untuk Keempat Kalinya

Embung di KIPP IKN

Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan 15 embung di KIPP IKN yang berfungsi untuk menjaga keindahan dan menjaga ketersediaan air.

Kategori :