Jelang HUT RI ke-79, Harga Sewa Aplhard di IKN Melejit hingga 100 Persen, Ini Penyebabnya

Selasa 06-08-2024,20:46 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jelang HUT RI ke-79, harga sewa Aplhard di IKN melejit hingga 100 persen juta, ini penyebabnya.

Mendekati perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI, harga sewa mobil di sekitar kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melonjak drastis. 

BACA JUGA:Tabel Dana Desa Lengkap se-Provinsi Banten Tahun 2024, Cek Perbandingannya

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur Damun Kiswanto mengatakan, bahwa permintaan mobil rental semakin banyak dan terjadi kenaikan harga sewa mobil sejak memasuki Agustus 2024. 

Penyebab Kenaikan Harga Sewa Mobil Aplhard di IKN 

Adapun penyebab dari kenaikan sewa mobil di IKN:

Untuk memenuhi permintaan Kemensetneg, DPD Asperda Kaltim harus menambah unit mobil dari luar daerah karena terbatasnya unit mobil rental di wilayah tersebut. 

Dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut, DPD Asperda Kaltim telah melakukan koordinasi dengan DPP Asperda Indonesia yang setuju untuk memberikan dukungan dengan mengirimkan sejumlah unit mobil ke Kalimantan Timur.

Namun, mendatangkan unit mobil dari luar daerah Kalimantan Timur juga mengakibatkan biaya pengiriman yang mencapai Rp 13 juta per unit mobil. Oleh karena itu, kenaikan harga sewa mobil tidak dapat dihindari.

Dengan keterbatasan unit mobil rental di Kaltim dan meningkatnya permintaan menjelang Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Nusantara, harga sewa mobil di Kalimantan Timur melonjak hingga 100 persen dari harga pasaran sebelumnya.

BACA JUGA:Catat, Ini 5 Kode Promo Gojek Agustus 2024, Nikmati Potongan Harganya

Permintaan mobil rental semakin meningkat dan menyebabkan kenaikan harga sewa mobil, terutama sejak memasuki bulan Agustus 2024.

Harga sewa mobil normal untuk Fortuner sekitar Rp2,5 juta per hari, katanya kini menjadi Rp5 juta per hari, kemudian Hi-Ace Rp3,5 juta per menjadi Rp15 juta per hari. 

 "Bahkan untuk Alphard yang biasanya Rp7 juta per hari naik cukup signifikan menjadi Rp25 juta per hari," ujar Damun.

Itulah mengenai harga sewa mobil di IKN mendekati HUT ke 79 Kemerdekaan RI yang mengalami kenaikan harga hingga 100 persen.

Kategori :