11 Tips agar Anak Tidak Kecanduan Main Hp, Orang Tua Harus Tahu!

Rabu 07-08-2024,09:46 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

2. Menyalahgunakan Fungsi hp

Selanjutnya penting bagi para orang tua maupun orang dewasa yang bersinggungan dengan anak-anak untuk memahami fungsi hp dengan baik.

Tidak jarang, sebagian besar dari mereka cenderung memberikan hp di saat yang tidak tepat.
Misalnya saja saat anak menangis, sulit makan, hingga mengamuk karena alasan tertentu. Padahal kebiasaan tersebut justru membuat anak-anak menjadi ketergantungan dan berusaha merajuk agar diberikan atau diizinkan bermain hp.

3. Mengetahui Batas Usia Penggunaan Gadget

Sementara itu United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) memberikan informasi mengenai batas usia minimal penggunaan hp pada anak-anak.

Dikatakan sebelum anak-anak berusia 2-3 tahun, sebaiknya orang tua menghindari paparan sinar dari hp untuk mereka. Saat anak-anak sudah cukup usia untuk menggunakan alat elektronik ini, jangan lupa untuk menetapkan batasan waktu penggunaannya.

BACA JUGA:Rincian Tabel KUR BCA Terbaru 2024 Pinjaman Rp 25 Juta-Rp 100 Juta, Saatnya Kembangkan Usahamu

4. Biarkan Anak Anda Bermain di Luar

Pada umumnya orang tua tidak menginginkan anak bermain di luar rumah. Memang mereka memiliki tujuan baik yakni ingin melindungi anak dari berbagai hal yang buruk yang akan menimpanya.

Seperti misalnya ajakan dari teman-temannya yang kurang baik, bicara yang kurang baik, takut bajunya kotor dan masih banyak yang lain.

Namun, ada baiknya jika orang tua memberi kesempatan walau hanya sedikit untuk bermain di luar rumah supaya tidak kesepian dan pastinya bisa sejenak terlupa dengan hp.

5. Ciptakan Aktivitas Menyenangkan

Masih merujuk dari buku yang sama, tips lain yang dapat diterapkan oleh orang tua untuk mencegah agar anak-anak tidak main hp terus adalah dengan menciptakan aktivitas yang menyenangkan bagi mereka.

Cobalah ajak anak-anak melakukan kegiatan menarik yang jauh dari penggunaan hp. Misalnya saja bermain, membaca buku, hingga membuat karya bersama-sama. Dengan begitu, diharapkan anak-anak tidak berusaha mencari hp saat merasa bosan

BACA JUGA:Pengalaman Abu Nawas Diancam Preman, Buru-buru Dia Lakukan Hal Ini

6. Memberikan Pendampingan

Kategori :